Gambaran Kemampuan Pedagogical Content Knowledge Guru IPA Kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo
Abstract
Guru berperan dalam menentukan keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik. Pengetahuan
Pedagogical Content Knowledge (PCK) dibutuhkan agar guru dapat mengajar dengan baik. Tujuan
penelitian untuk mengetahui kemampuan PCK guru IPA Kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo.
Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan mendokumentasikan RPP. Populasi meliputi seluruh guru
IPA kelas VII Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo yang menggunakan Kurikulum 2013. Sampel diambil secara
random sampling yaitu satu guru pada tiap sekolah dengan jumlah total guru 13 orang. Jumlah RPP yang
diidentifikasi sebanyak 4 RPP untuk setiap gurunya sehingga total RPP adalah 52 buah. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dari 14 sub aspek PCK, terdapat 10 sub aspek yang sudah baik dan 4 sub aspek yang
masih kurang. Kemampuan yang paling tinggi adalah menyesuaikan strategi dengan jenjang peserta didik
(84,77%) dan terendah adalah kesesuaian materi dengan kurikulum (44,92%). Kemampuan PCK guru IPA
Kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo dapat disimpulkan termasuk baik (66,19%).