Show simple item record

dc.contributor.authorChotimah, Khusnul
dc.contributor.authorHariyatmi, H.
dc.date.accessioned2017-11-06T06:15:22Z
dc.date.available2017-11-06T06:15:22Z
dc.date.issued2017-05-20
dc.identifier.citationArends, R. I. (2008). Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hamzah. (2008). Profesi Kependidikan Problem, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Hill, H. C. (2008). Unpacking PCK: Conceptualizing and Measuring Teacher’s Topic-Specific Konwledge of Students. Journal for Research in Mathematics Education, 39 (4). Imaduddin, M., Hidayah F. F., & Astuti, A. P. (2014). Deskripsi PCK Guru Kimia Menggunakan Komponen Model Pentagon. Jurnal Pendidikan Sains, 2 (1), 26-35. Juang, Y. R., Liu, T. C., & Chan, T. W. (2008). Computer-Supported Teacher Development of PCK through Developing School-Based Curriculum. Educational Technology & Society, 11 (2), 149-170. Koehler, M., & Mirsha P. (2011). Tracing the Development of Teacher Knowledge in a Design Seminar: Integrating Content, Pedagogy and Technology. Computers & Education, 49 (3). Lange, K., Kleickmann, T., & Moller, K. (2011). Elementary Teachers’ PCK and Student Achievement in ScienceEducation. Proseeding of Ninth Esera Conference. Loughran, J. M., Mulhall, P., & Berry A. (2006). Exploring PCK in Science Teacher Education”. International Journal of Science Education, 30, 1301-1320. Nopitalia. (2010). Analisis Soal Tes Buatan Guru Biologi MTs Negeri Se-Jakarta Selatan Berdasarkan Aspek Kognitif Taksonomi Bloom. Skripsi. Jakarta: UIN. Nur, S. (2010), Studi Tentang Faktor Penghambat yang dihadapi Guru Biologi Dalam Menyusun RPP KTSP di SMP Se Kecamatan Bastem Kabupaten Luwu. Skripsi, Makasar: FMIPA UNM. Purwianingsih, W., Rustaman, N. Y., & Redjeki, S. (2013). Pengetahuan Konten Pedagogi (PCK) dan Urgensinya dalam Pendidikan Guru. Jurnal Pengajaran MIPA, 15 (2), 8794. Republik Indonesia. (2007). Salinan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Kemendiknas. Saputra, G. A. W. (2016). Kemampuan PCK Guru Biologi Kelas X SMA Negeri SeSurakarta dalam Menyusun RPP Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Surakarta: FKIP Biologi UMS. Shulman, L. S. (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching.Educational Research, 15 (2), 4-14. Susilowati. (2015). Analisis PCK Guru IPA SMP Kelas VIII dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3 (1). Widoyoko. S. E. P. (2013). Evaluasi Progam Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. Yahya, M. (2013). Profesi Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia. Yohafrinal, Damris, & Risnita. (2015). Analisis PCK Guru MIPA di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Edu-Sains, 4 (2), 15-24.in_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9392
dc.description.abstractGuru berperan dalam menentukan keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik. Pengetahuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dibutuhkan agar guru dapat mengajar dengan baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan PCK guru IPA Kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan mendokumentasikan RPP. Populasi meliputi seluruh guru IPA kelas VII Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo yang menggunakan Kurikulum 2013. Sampel diambil secara random sampling yaitu satu guru pada tiap sekolah dengan jumlah total guru 13 orang. Jumlah RPP yang diidentifikasi sebanyak 4 RPP untuk setiap gurunya sehingga total RPP adalah 52 buah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 14 sub aspek PCK, terdapat 10 sub aspek yang sudah baik dan 4 sub aspek yang masih kurang. Kemampuan yang paling tinggi adalah menyesuaikan strategi dengan jenjang peserta didik (84,77%) dan terendah adalah kesesuaian materi dengan kurikulum (44,92%). Kemampuan PCK guru IPA Kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo dapat disimpulkan termasuk baik (66,19%).in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2in_ID
dc.subjectPCKin_ID
dc.subjectguru IPAin_ID
dc.subjectRPPin_ID
dc.titleGambaran Kemampuan Pedagogical Content Knowledge Guru IPA Kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Sukoharjoin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record