MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN KETERAMPILAN GENERIK MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SILIWANGI TASIKMALAYA PADA MATA KULIAH MIKROBIOLOGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran pada mata kuliah mikrobiologi serta
hasil belajar yang diperoleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Siliwangi
Tasikmalaya setelah mengikuti kegiatan perkuliahan. Metode penelitian yang digunakan adalah survey
dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar yang
diperoleh mahasiswa selama dan setelah mengikuti proses perkuliahan pada mata kuliah mikrobiologi.
Pengumpulan data menggunakan angket. Sebanyak 60 mahasiswa yang telah mengikuti dan lulus pada
perkuliahan mikrobiologi pada semester 4 tahun ajaran 2014/2015 dijadikan sebagai sampel penelitian.
Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dari populasi yang berjumlah 90
mahasiswa. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan
hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki ketertarikan terhadap mata kuliah mikrobiologi
terutama dalam kegiatan praktikum. Pelaksanaan pembelajaran dalam mata kuliah mikrobiologi ternyata
belum dilaksanakan secara maksimal diindikasikan dari tidak tersosialisasinya model pembelajaran yang
digunakan oleh dosen yang berdampak pada berbagai keterampilan generik yang tidak dapat dilatih dan
dikembangkan secara maksimal.