Analisis Model Mental Siswa SMA dengan Kemampuan Berpikir Ilmiah Berbeda dalam Memahami Konsep Larutan Elektrolit
Abstract
Larutan elektrolit merupakan materi kimia yang melibatkan konsep abstrak, fenomena kimia, operasi
matematika dan kegiatan praktikum. Karakteristik materi tersebut menimbulkan konsekuensi bahwa siswa
harus mempunyai beberapa kemampuan agar mampu mempelajarinya dengan baik. Kemampuan yang
diperlukan diantaranya kemampuan berpikir ilmiah, kemampuan pemahaman representasi kimia, kemampuan
matematika, dan kemampuan praktikum. Berdasarkan beberapa penelitian ke empat kemampuan tersebut masih
belum dimiliki oleh sebagian besar siswa sehingga materi larutan elektrolit dianggap sulit dan berpengaruh pada
konstruksi model mental siswa. Tingkat model mental siswa dipengaruhi oleh tingkat kemampuan berpikir
ilmiahnya dan gambaran model mental siswa dapat diketahui melalui kemampuan pemahaman representasi
yang dimiliki siswa. Ananilis model mental siswa perlu dilakukan untuk melihat gambaran model mental siswa
dalam memahami konsep-konsep kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan hubungan
model mental dengan kemampuan berpikir ilmiah siswa.