Desain Pembelajaran Kalkulus Integral Menggunakan Maple Untuk Analisis Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep
Abstract
Peningkatan SDM yang berkualitas sangat diperlukan. Salah satu yang dapat dilakukan adalah
dengan menganalisis tingkat kemandirian dan tingkat pemahaman mahasiswa sehingga diperoleh
desain pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diberikan kepada mahasiswa. Dalam
penelitian ini Desain pembelajaran diberikan melalui Lesson Study pada mata kuliah kalkulus
melalui penggunaan software Maple. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mendapatkan desain
pembelajaran melalui analisis tingkat kemandirian dan tingkat pemehaman konsep mahasiswa
pada mata kuliah kalkulus dengan menggunakan software Maple.
Metode dan pendekatan yang digunakan adalah penelitian deskriptif kulaitatif melalui Lesson
Study. Dengan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kemandirian belajar
mahasiswa, wawancara, dan instrumen two tier test. Hasil yang diperoleh adalah tingkat
kemandirian belajar mahasiswa (Dari ketiga indokator utama tersebut disimpulkan kemandirian
belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus integral menggunakan software maple untuk
kepercayaan diri masih dalam kategori Cukup Baik (58,76), Tanggung Jawab dalam kategori
Baik (76,02), dan Disiplin dalam kategori Cukup Baik (61,31)). Analisis tingkat pemahaman
konsep mahasiswa adalah rata-rata pemahaman konsep mahasiswa pada tingkat pertama adalah
84,28% lebih besar dari pada jawaban pada tingkat pertanyaan yang kedua yaitu 65,68%.