Teachers Of The Year: Kinerja Guru Dalam Bingkai Perkembangan Pendidikan Abad 21
Abstract
Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, maka harus meningkatkan kualitas mutu
pendidikan nasional, dalam hal ini guru sebagai tumpuan kualitas pendidikan nasional yang hari
ini terus menjadi perbincangan tentang kinerja guru. Kinerja guru dapat meningkatkan mutu
pendidikan, dan dengan mutu pendidikan nasional dapat meningkatkan mutu sumber daya
manusia. Dengan melalui mutu sumber daya manusia dapat ditingkatkan maka negara indonesia
memiliki kualitas daya saing di abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan tujuan dapat mendeskripsikan kinerja guru dalam bingkai perkembangan pendidikan pada
abad ke 21,dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, kuisioner, dokumen, dan
focus group discussion, dalam perjalanan perkembangan pendidikan di abad 21 ini guru
dihadapkan tantangan yang tidak begitu mudah, guru harus memiliki kemampuan seperti (1)
berpikir kritis, (2) memiliki rasa tanggungjawab sosial, (3) memiliki kemampuan membangun
jaringan, (4) disiplin terhadap waktu dan aturan. Disamping itu guru juga memiliki karakteristik
tertentu sebagai pembeda karakteristik guru sebelum di abad 21 dan juga memiliki kecakapan
dan keterampilan juga menjadi penentu kualitas pendidikan nasional. Penulis berkesimpulan
bahwa kinerja guru didalam perkembangan pendidikan abad 21 memiliki tantangan lebih berat
dan tugas guru lebih kompleks, serta peranan guru yang sangat penting dalam mengelola proses
pembelajaran, untuk menghadapi tantangan tersebut guru harus memiliki kemampuan (1)
berpikir kritis, (2) memiliki rasa tanggung jawab sosial, (3) memiliki kemampuan membangun
jaringan, (4) menerapkan kedisiplinan waktu dan aturan. Di samping itu guru harus memiliki
karakteristik, kecakapan, keterampilan di abad 21.