Show simple item record

dc.contributor.authorSudirman, Sudirman
dc.contributor.authorBokingo, Agus Hakri
dc.date.accessioned2018-02-01T03:36:39Z
dc.date.available2018-02-01T03:36:39Z
dc.date.issued2017-08
dc.identifier.citationBSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta: BSNP Febryani, Yoeyhan. 2012. “Guru Abad 21”. Dalam (http://yoeyhanfebryani.blogspot.com/ 2012/11/guru-abad-21.html) Lahamuddin, Basri. 2011. “Guru Abad 21”. Dalam (http://edukasi.kompasiana.com/2011/ 10/04/guru-abad-21/) NETS·T. 2008. “International Society for Technology in Education”. ISTE® is a registered trademark of the International Society for Technology in Education. http://www.iste.org/nets Permendiknas RI No.41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah Sarjanaku. 2010. “Tantangan Guru Sebagai Tenaga Profesional”. Dalam (http://www.sarjanaku.com/2010/11/tantangan-guru-sebagai-tenaga.html) Sutamto. 2010. “Tantangan Guru pada Abad Ke-21”. Dalam (http://sutamto.wordpress.com/ 2010/04/10/tantangan-guru-pada-abad-ke-21/), Uda Tonic 2015. “Peningkatan Kinerja dan Profesionalisme Tenaga Pendidik/ Guru di Kota Palangkaraya”. Vol. 3 No. 1 juni 2015-ISSN-2355-0236 (96-129) Undang – Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentangGuru dan Dosen Walker, Paul & Finney, Nicholas. 1999. Skill Development and Critical Thinking in Higher Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar) Education. Higher Education Research & Development Unit, University College, London WC1E 6BT, UK.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-102-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9563
dc.description.abstractDalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, maka harus meningkatkan kualitas mutu pendidikan nasional, dalam hal ini guru sebagai tumpuan kualitas pendidikan nasional yang hari ini terus menjadi perbincangan tentang kinerja guru. Kinerja guru dapat meningkatkan mutu pendidikan, dan dengan mutu pendidikan nasional dapat meningkatkan mutu sumber daya manusia. Dengan melalui mutu sumber daya manusia dapat ditingkatkan maka negara indonesia memiliki kualitas daya saing di abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan dapat mendeskripsikan kinerja guru dalam bingkai perkembangan pendidikan pada abad ke 21,dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, kuisioner, dokumen, dan focus group discussion, dalam perjalanan perkembangan pendidikan di abad 21 ini guru dihadapkan tantangan yang tidak begitu mudah, guru harus memiliki kemampuan seperti (1) berpikir kritis, (2) memiliki rasa tanggungjawab sosial, (3) memiliki kemampuan membangun jaringan, (4) disiplin terhadap waktu dan aturan. Disamping itu guru juga memiliki karakteristik tertentu sebagai pembeda karakteristik guru sebelum di abad 21 dan juga memiliki kecakapan dan keterampilan juga menjadi penentu kualitas pendidikan nasional. Penulis berkesimpulan bahwa kinerja guru didalam perkembangan pendidikan abad 21 memiliki tantangan lebih berat dan tugas guru lebih kompleks, serta peranan guru yang sangat penting dalam mengelola proses pembelajaran, untuk menghadapi tantangan tersebut guru harus memiliki kemampuan (1) berpikir kritis, (2) memiliki rasa tanggung jawab sosial, (3) memiliki kemampuan membangun jaringan, (4) menerapkan kedisiplinan waktu dan aturan. Di samping itu guru harus memiliki karakteristik, kecakapan, keterampilan di abad 21.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2in_ID
dc.titleTeachers Of The Year: Kinerja Guru Dalam Bingkai Perkembangan Pendidikan Abad 21in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record