dc.identifier.citation | BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta: BSNP Febryani, Yoeyhan. 2012. “Guru Abad 21”. Dalam (http://yoeyhanfebryani.blogspot.com/ 2012/11/guru-abad-21.html) Lahamuddin, Basri. 2011. “Guru Abad 21”. Dalam (http://edukasi.kompasiana.com/2011/ 10/04/guru-abad-21/) NETS·T. 2008. “International Society for Technology in Education”. ISTE® is a registered trademark of the International Society for Technology in Education. http://www.iste.org/nets Permendiknas RI No.41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah Sarjanaku. 2010. “Tantangan Guru Sebagai Tenaga Profesional”. Dalam (http://www.sarjanaku.com/2010/11/tantangan-guru-sebagai-tenaga.html) Sutamto. 2010. “Tantangan Guru pada Abad Ke-21”. Dalam (http://sutamto.wordpress.com/ 2010/04/10/tantangan-guru-pada-abad-ke-21/), Uda Tonic 2015. “Peningkatan Kinerja dan Profesionalisme Tenaga Pendidik/ Guru di Kota Palangkaraya”. Vol. 3 No. 1 juni 2015-ISSN-2355-0236 (96-129) Undang – Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentangGuru dan Dosen Walker, Paul & Finney, Nicholas. 1999. Skill Development and Critical Thinking in Higher Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar) Education. Higher Education Research & Development Unit, University College, London WC1E 6BT, UK. | in_ID |
dc.description.abstract | Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, maka harus meningkatkan kualitas mutu
pendidikan nasional, dalam hal ini guru sebagai tumpuan kualitas pendidikan nasional yang hari
ini terus menjadi perbincangan tentang kinerja guru. Kinerja guru dapat meningkatkan mutu
pendidikan, dan dengan mutu pendidikan nasional dapat meningkatkan mutu sumber daya
manusia. Dengan melalui mutu sumber daya manusia dapat ditingkatkan maka negara indonesia
memiliki kualitas daya saing di abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan tujuan dapat mendeskripsikan kinerja guru dalam bingkai perkembangan pendidikan pada
abad ke 21,dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, kuisioner, dokumen, dan
focus group discussion, dalam perjalanan perkembangan pendidikan di abad 21 ini guru
dihadapkan tantangan yang tidak begitu mudah, guru harus memiliki kemampuan seperti (1)
berpikir kritis, (2) memiliki rasa tanggungjawab sosial, (3) memiliki kemampuan membangun
jaringan, (4) disiplin terhadap waktu dan aturan. Disamping itu guru juga memiliki karakteristik
tertentu sebagai pembeda karakteristik guru sebelum di abad 21 dan juga memiliki kecakapan
dan keterampilan juga menjadi penentu kualitas pendidikan nasional. Penulis berkesimpulan
bahwa kinerja guru didalam perkembangan pendidikan abad 21 memiliki tantangan lebih berat
dan tugas guru lebih kompleks, serta peranan guru yang sangat penting dalam mengelola proses
pembelajaran, untuk menghadapi tantangan tersebut guru harus memiliki kemampuan (1)
berpikir kritis, (2) memiliki rasa tanggung jawab sosial, (3) memiliki kemampuan membangun
jaringan, (4) menerapkan kedisiplinan waktu dan aturan. Di samping itu guru harus memiliki
karakteristik, kecakapan, keterampilan di abad 21. | in_ID |