Magang Mahasiswa Program Sarjana Perguruan Tinggi LPTK
Abstract
Sebagai upaya peningkatan mutu lulusan pendidikan dasar dan menengah, kebutuhan calon-
calon guru profesional yang berkualifikasi akademik dan berkompentesi merupakan kebutuhan
yang sangat mendesak. Sebagai lembaga penyelenggara pendidikan tinggi, Perguruan
Tinggi LPTK (FKIP) bertanggung jawab dan berkewajiban membantu untuk merealisasikan
pemenuhan calon-calon guru profesional. Melalui rumusan visi dan misinya, LPTK perlu
menetapkan rumusan profil lulusan, capaian pembelajaran (CP), bahan kajian, penilaian,
penghitungan bobot SKS setiap mata kuliah, dan struktur kurikulum dengan mengacu pada
pemberlakuan Standar Nasional Pendidikan Tinggi, KKNI, serta pedoman lain yang terkait
dengan jaminan mutu internal dan eksternal. Sebagai unsur penting dalam struktur kurikulum,
Mata Kuliah Magang yang dikemas dalam bentuk Program Magang di lembaga/ sekolah
mitra berperan penting dalam menghasilkan lulusan sebagai calon-calon guru profesional.
CP mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk membangun landasan jati diri pendidik dan
memantapkan kompetensi akademik kependidikan, memantapkan kompetensi akademik
kependidikan, kompetensi akademik bidang studi, dan memantapkan kemampuan awal calon guru mengembangkan perangkat pembelajaran, serta menyiapkan kemampuan awal proses
pembelajaran dengan merasakan langsung mengajar pada bidang-bidang tertentu dalam waktu
yang terbatas dengan menjadi asisten guru.