Inovasi Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Penggunaan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah I Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pembelajaran menulis teks eksposisi pada
siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Makassar sebelum menggunakan media audiovisual;
2) mendeskripsikan pembelajaranmenulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah
1 Makassar setelah menggunakan media audiovisual; dan 3) membuktikan keefektifan
pembelajaran menulis teks eksposisi melalui media audiovisual siswa kelas VII SMPMuhammadiyah 1 Makassar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
desain penelitian pre-exsperimental design(One-group Pretest-postesst Design).Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas VIISMP Muhammadiyah 1 Makassar. Penarikan sampel
dilakukan dengan simple ramdom sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII B.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data yang terkumpul
dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan rumus
uji t (paired sample t test). Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi setelah menggunakan
media audiovisual (posttest) lebih baik daripada keterampilan menulis teks eksposisi sebelum
menggunakan media audiovisual (Prettest) setelah dianalisis dengan menggunakan rumus uji t,
nilai thitung= 3,662 dengan df 25,ttabel=2,060. Jadi thitung ≥ ttabel ,hipotesis penelitian (H1)
diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual efektif diterapkan dalam
menulis teks eksposisi pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Makassar.