Show simple item record

dc.contributor.authorMunirah, Munirah
dc.date.accessioned2018-03-05T02:03:59Z
dc.date.available2018-03-05T02:03:59Z
dc.date.issued2017-08
dc.identifier.citationArsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Arum. 2009. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Menggunakan Media Audiovisual Siswa Kelas IX Semarang. Jurnal (online). LP3M: Program Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia. Brown, Douglas H. 2000. Principles of Language Learning and Teaching. New York: Logmann, Inc. Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Depertemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Finoza, Lamuddin. 2011. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Dwadasa Sarana Bersama. Hamalik. E. 1994. Media Pembelajaran Inovatif. Bandung: Rosda Karya. Kemendikbud 2014. a. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan: Buku Guru SMP/Mts Kelas VII. Edisis Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kemendikbud 2014. b. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan: Buku Siswa SMP/Mts Kelas VII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kemendikbud 2014. c. Implementasi Penilaian Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Keraf, Gorys. 2004. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Flores: Nusa Indah Mayasari. 2012. Mengkaji Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas XI MA Manahijul Huda Pati. Jurnal (online). Yogyakarta: Program Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia. Munadi, Sadiman. 2008. Media Pembelajaran. Ciputat: Referensi. Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Jogyakarta: BPFE. Puspitosari. 2008. Pemanfaatan Metode Group Investigation sebagai Upaya .Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas XI Tata Busana I SMK Perintis. Jurnal (online).LP3M: Program Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia. Rinanto, Andre. 1982. Peranan Media Audiovisual dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius. Sanaky. 2009. Media Audiovisual. Ciputat: Referensi. Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa Sudjanah dan Ahmad Rivai. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Kelas XI Tata Busana I SMK Perintis.Jurnal (online).LP3M: Program Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia. Rinanto, Andre. 1982. Peranan Media Audiovisual dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius. Sanaky. 2009. Media Audiovisual. Ciputat: Referensi. Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa Sudjanah dan Ahmad Rivai. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-102-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9612
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Makassar sebelum menggunakan media audiovisual; 2) mendeskripsikan pembelajaranmenulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Makassar setelah menggunakan media audiovisual; dan 3) membuktikan keefektifan pembelajaran menulis teks eksposisi melalui media audiovisual siswa kelas VII SMPMuhammadiyah 1 Makassar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian pre-exsperimental design(One-group Pretest-postesst Design).Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIISMP Muhammadiyah 1 Makassar. Penarikan sampel dilakukan dengan simple ramdom sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan rumus uji t (paired sample t test). Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi setelah menggunakan media audiovisual (posttest) lebih baik daripada keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan media audiovisual (Prettest) setelah dianalisis dengan menggunakan rumus uji t, nilai thitung= 3,662 dengan df 25,ttabel=2,060. Jadi thitung ≥ ttabel ,hipotesis penelitian (H1) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual efektif diterapkan dalam menulis teks eksposisi pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Makassar.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2in_ID
dc.titleInovasi Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Penggunaan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah I Makassarin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record