dc.contributor.author | Munirah, Munirah | |
dc.date.accessioned | 2018-03-05T02:03:59Z | |
dc.date.available | 2018-03-05T02:03:59Z | |
dc.date.issued | 2017-08 | |
dc.identifier.citation | Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Arum. 2009. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Menggunakan Media Audiovisual Siswa Kelas IX Semarang. Jurnal (online). LP3M: Program Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia. Brown, Douglas H. 2000. Principles of Language Learning and Teaching. New York: Logmann, Inc. Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Depertemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Finoza, Lamuddin. 2011. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Dwadasa Sarana Bersama. Hamalik. E. 1994. Media Pembelajaran Inovatif. Bandung: Rosda Karya. Kemendikbud 2014. a. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan: Buku Guru SMP/Mts Kelas VII. Edisis Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kemendikbud 2014. b. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan: Buku Siswa SMP/Mts Kelas VII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kemendikbud 2014. c. Implementasi Penilaian Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Keraf, Gorys. 2004. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Flores: Nusa Indah Mayasari. 2012. Mengkaji Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas XI MA Manahijul Huda Pati. Jurnal (online). Yogyakarta: Program Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia. Munadi, Sadiman. 2008. Media Pembelajaran. Ciputat: Referensi. Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Jogyakarta: BPFE. Puspitosari. 2008. Pemanfaatan Metode Group Investigation sebagai Upaya .Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas XI Tata Busana I SMK Perintis. Jurnal (online).LP3M: Program Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia. Rinanto, Andre. 1982. Peranan Media Audiovisual dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius. Sanaky. 2009. Media Audiovisual. Ciputat: Referensi. Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa Sudjanah dan Ahmad Rivai. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Kelas XI Tata Busana I SMK Perintis.Jurnal (online).LP3M: Program Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia. Rinanto, Andre. 1982. Peranan Media Audiovisual dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius. Sanaky. 2009. Media Audiovisual. Ciputat: Referensi. Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa Sudjanah dan Ahmad Rivai. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-102-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9612 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pembelajaran menulis teks eksposisi pada
siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Makassar sebelum menggunakan media audiovisual;
2) mendeskripsikan pembelajaranmenulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah
1 Makassar setelah menggunakan media audiovisual; dan 3) membuktikan keefektifan
pembelajaran menulis teks eksposisi melalui media audiovisual siswa kelas VII SMPMuhammadiyah 1 Makassar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
desain penelitian pre-exsperimental design(One-group Pretest-postesst Design).Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas VIISMP Muhammadiyah 1 Makassar. Penarikan sampel
dilakukan dengan simple ramdom sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII B.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data yang terkumpul
dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan rumus
uji t (paired sample t test). Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi setelah menggunakan
media audiovisual (posttest) lebih baik daripada keterampilan menulis teks eksposisi sebelum
menggunakan media audiovisual (Prettest) setelah dianalisis dengan menggunakan rumus uji t,
nilai thitung= 3,662 dengan df 25,ttabel=2,060. Jadi thitung ≥ ttabel ,hipotesis penelitian (H1)
diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual efektif diterapkan dalam
menulis teks eksposisi pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Makassar. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2 | in_ID |
dc.title | Inovasi Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Penggunaan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah I Makassar | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |