Show simple item record

dc.contributor.authorIsmah, Ismah
dc.contributor.authorFebriana, Tia
dc.date.accessioned2018-04-21T04:19:09Z
dc.date.available2018-04-21T04:19:09Z
dc.date.issued2017-08
dc.identifier.citationAjai ,John T. dan Benjamin I. Imoko. 2015. Gender Differences in Mathematics Achievement and Retention Scores: A Case of Problem-Based Learning Method. Taraba State University, Nigeria, Benue State University, Nigeria Amir MZ, Zubaidah. 2013. Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender. Vol. 12 No. 1. ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ marwah/article/download/511/491 Sadker, M. & Sadker, D. 1994. Failing at fairness: How our schools cheat girls. New York: Charles Scribner’s Sons. Idaho. (2012, Juli). “Makin Banyak Sekolah di AS Pisahkan Siswa”. Tempo.Co. https://m. tempo.co/read/news/2012/07/09/116415683/makin-banyak-sekolah-di-as-pisahkan-siswa Yulianto, T. P. dan Dwijananti, S. S. Edi. 2013. Studi Perbandingan Hasil Belajar Fisika Sesaat Kelas Putra, Kelas Putri, Dan Kelas Campuran Pada Materi Getaran Di SMA N 1 Kradenan Kabupaten Grobogan. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia. Yuniarti, Rohmah Dwi. 2013. Pengaruh Sikapdan Gender Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa SMP Negeri Kelas VII Di Kecamatan Sleman Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Yuliningsih, Retno. 2008. Pengaruh Sikap, Motivasi Belajar dan Gender Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI MA Fathul Ulum Kabupaten Grobogan. Universitas Negeri Semarang.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-102-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9688
dc.description.abstractKelas gender tunggal(single-sex class) bukan hal baru bagi Indonesia maupun negara luar. Sekolah Kharisma Bangsa yang terletak di Tangerang Selatan,Provinsi Banten adalah salah satunya. Pembelajaran di kelas gender tunggal tentu sangat berbeda dengan kelas campur. Masing-masing kelas tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan serta kenyamanan dan gangguan yang berbeda-beda, apalagi yang dianalisis disini adalah pembelajaran Matematika. Pembelajaran Matematika membutuhkan konsenterasi yang tinggi, suasana kelas yang menyenangkan, dan kebebasan beraktivitas dalam belajar. Untuk itu, akandianalisisefektivitas pembelajaran matematika dalam kelas gender tunggal, dengan tujuan untuk memperoleh gambaran pembelajaran matematika di kelas gender tunggal.Adapun metode yang digunakanadalah kuantitatif deskriptif,yaitu dengan cara memberikan kuesioner kepada 23 responden yang merupakan siswi-siswi kelas gender tunggal. Hasil yang dicapai,suasana belajar matematika lebih menyenangkan saat berada di kelas campuran dibandingkan di kelas gender tunggal (walaupun persentasenya tidak jauh berbeda : kelas campuran (56.5 %), kelas gender tunggal (43.5 %)), sebanyak 14 (60.9 %) responden lebih mengerti pelajaran matematika saat di kelas gender tunggal, sedangkan 9 (39.1 %) responden lainnya merasa lebih mengerti pelajaran Matematika saat di kelas campuran, sebanyak 18 (78.3 %) responden merasa pembelajaran di kelas gender tunggal dapat membuat mereka lebih leluasa untuk bertanya/menjawab/merespon pelajaran matematika. Hal tersebut terjadi karena mereka merasa tidak adanya rasa canggung atau malu terhadap sesama, berbeda dengan kelas campuran yang akan menimbulkan rasa canggung dan malu serta tumbuh sikap jaga image terhadap lawan jenis sehingga keaktifan dalam belajar dapat terhambat. Dalam kasus ini, hanya 5 (21.7 %) responden yang merasa lebih aktif saat belajar dalam kelas campuran dibandingkan dalam kelas gender tunggal.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan kelas gender tunggal efektif menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk pembelajaran matematika.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2id_ID
dc.titleAnalisis Pembelajaran Matematika di Kelas Gender Tunggalid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record