Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi
Abstract
Satu lagi wacana tentang sistem pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, yaitu pendidikan
inklusi. Sistem pendidikan ini memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi siapa pun
yang hendak menempuh program pendidikan, tidak hanya bagi anak-anak yang memiliki
tingkat kegeniusan tinggi tetapi juga bagi mereka yang dianggap berbeda dan terbelakang dari
anak-anak normal lainnya. Namun dalam tataran praktis, tentu sistem pendidikan ini akan
menemui banyak kendala. Salah satu kendala yang terbayangkan adalah bagaimana seorang
guru bersikap dalam penanganan suatu kelas yang sangat heterogen. Sehingga dalam penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui apakah sikap yang dimiliki guru terhadap pendidikan inklusi.
Dimana metode yang digunakan adalah library research. Selanjutnya, hasil kajian pustaka
menuliskan ada dua sikap guru terhadap inklusi yaitu sikap menerima dan sikap menolak atau
sikap positif dan sikap negatif.