• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Kepuasan Layanan pada Gerbong Khusus Wanita Kereta Api Prambanan Ekpress (Prameks) dengan Servqual

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (904.6Kb)
    Date
    2018-03
    Author
    Wisudawati, Tri
    Dharmastiti, Rini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    PT Kereta Api Indonesia (persero) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan transportasi publik dalam bidang perkeretapian. Setiap bulannya jumlah penumpang transportasi kereta api naik hingga 17,65%. PT. Kereta Api Indonesia (KAI DAOP 6) Yogyakarta merupakan penyedia layanan transportasi kereta api yang menyediakan tiga jenis kereta untuk melayani koridor Solo - Yogyakarta pp salah satunya KA Prambanan Ekspress(Prameks). Total kapasitas layanan ini dapat mengangkut 5000 hingga 7000 penumpang setiap hari. Banyak hal yang perlu diperbaiki umtuk memberikan pelayanan yang prima kepada konsumen. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi mengenai kepuasan layanan pada gerbong khusus wanita dengan metode Servqual. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut-atribut apa saja yang dirasakan belum memenuhi harapan pelanggan dan harus di prioritaskan untuk dilakukan peningkatan pelayanan serta mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan kereta api prameks gerbong wanita. Dari penyebaran data awal dengan kuesioner didapat 25 atribut yang valid dan reliabel. Selanjutnya diolah menggunakan metode Serqual. Dari metode Servqual diperoleh karakteristik kualitas layanan jasa kereta api prameks gerbong wanita yang diinginkan penumpang dari urutan tertinggi sampai terendah. Untuk urutan tertinggi yang diinginkan penumpang adalah penambahan jam operasional/ jam keberangkatan – kepulangan. Sedangkan untuk urutan terendah adalah kesediaan pegawai dalam menindak tegas penumpang yang melanggar aturan. Kemudian dilanjutkan dengan wawancara dengan humas PT.KAI DAOP 6 Yogyakarta terkait prioritas tersebut untuk dijadikan masukan terhadap pelayanan jasa kereta api prameks gerbong wanita.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9787
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV