Analisis Penilaian Konsumen terhadap Kinerja Layanan Transportasi Online dalam Peningkatan Daya Saing di Era Digital
View/ Open
Date
2018-03Author
Zahida, Qonita
Sulistiyoningrum, Catur Endah
Metadata
Show full item recordAbstract
Saat ini, perkembangan teknologi di dunia industri dibuktikan dengan munculnya Industri 4.0 yang berkaitan dengan kompleksitas, kapasitas untuk inovasi dan fleksibilitas, Kondisi perkembangan teknologi yang paling ramai dibicarakan dan menjadi bahan diskusi banyak kalangan adalah pengembangan teknologi ke arah bisnis transportasi modern. Hal ini ditunjukkan dengan munculnya kecanggihan aplikasi di dunia virtual. Selain itu, ketergantungan masyarakat tehadap transportasi sangat tinggi, dengan alasan untuk mempersingkat waktu perjalanan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis penilaian konsumen terhadap layanan transportasi online Go-Jek dan Grab dari aspek usabilitas, kualitas, dan bauran pemasaran. Metode yang digunakan adalah benchmarking dengan menerapkan prinsip usabilitas, kualitas layanan, dan bauran pemasaran. Pengumpulan dilakukan melalui survey kepada 64 responden yang pernah menggunakan layanan transportasi online Go-Jek dan Grab. Hasil penelitian yang diperoleh adalah layanan transportasi online Go-Jek lebih unggul dimata konsumen dari segi aspek usabilitas, kualitas layanan, dan bauran pemasaran. Namun untuk layanan transportasi online Grab memiliki penilaian yang lebih tinggi dibandingkan Go-Jek pada indikator learnability dan satisfaction dalam aspek usabilitas.