Analisis Waste pada Proses Unloading Kayu Log dengan Pendekatan Lean Service pada Terminal Nusantara Pelabuhan Tanjung Emas PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero)
View/ Open
Date
2018-03Author
Handayani, Naniek Utami
Renaldi, Stellya Veronica
Metadata
Show full item recordAbstract
PT. Pelindo III merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengangkutan barang, baik barang curah kering maupun barang curah cair. Permasalahan penelitian ini adalah inefesiensi aliran proses unloading kayu log yang disebabkan oleh waste (pemborosan) atau aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah yang berdampak pada waktu tunggu yang lama. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis waste yang terdapat pada aliran proses pembongkaran (unloading) kayu log dan mengusulkan perbaikan guna eliminasi waste. Metode yang digunakan adalah Lean Service dan Value Stream Mapping. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa jenis pemborosan yang paling berpengaruh adalah waiting time (23,38%), sedangkan penyebab waste terbesar adalah waktu truk menunggu muatan, jumlah crane yang rusak, serta tidak adanya penjadwalan dan alokasi muatan. Oleh karena itu, usulan perbaikan adalah perlunya penjadwalan dan pengalokasian waktu bongkar muat, penyediaan crane dengan kondisi yang sesuai, menambah jumlah truk, pelatihan bagi operator dan sopir, pengaturan lalu lintas truk di dermaga, dan pengaturan lokasi. Hasil simulasi terhadap usulan perbaikan menunjukkan penurunan waktu siklus dari 902,38 menit menjadi 376,391 menit dan peningkatan Process Cycle Efficiency (PCE) dari 20,93% menjadi 50,30%.