Analisis Pengaruh Perceived Value, Citra Merek, dan Kualitas Layanan terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian dengan Word of Mouth sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pengguna Kosmetik Merek Wardah di Universitas Diponegoro)
View/ Open
Date
2018-03Author
Nihlah, Zahrotun
Latuihamallo, Deliana W.
Susanty, Aries
Purwaningsih, Ratna
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui dampak dari perceived value, citra merek, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen produk kosmetik merek Wardah; dampak dari minat beli kepada suatu sikap keputusan pembelian konsumen yang sudah dimoderasi oleh word of mouth. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Diponegoro pengguna produk kosmetik Wardah yang tidak diketahui jumlahnya. Dengan menggunakan teknik purpossive sampling, maka jumla h sample yang digunakan adalah 78 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online melalui grup-grup social media di Universitas Diponegoro. Data dianalisis menggunakan tools Structural Equation Models (SEM) dengan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat beli, lalu minat beli dan word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Namun word of mouth tidak dapat memperkuat atau memperlemah keputusan pembelian. Sedangkan perceived value tidak berpengaruh terhadap minat beli.