Konsep dan Peran Pemasaran Internal dalam Implementasi Strategi Perusahaan
Abstract
Pemasaran internal adalah upaya mengatasi resistensi organisasi untuk berubah dan menyelaraskan, memotivasi serta koordinasi dan integrasi antar-fungsional karyawan terhadap implementasi efektif strategi perusahaan dan fungsional tertentu dalam rangka memberikan kepuasan pelanggan melalui proses menciptakan motivasi karyawan dan beorientasi pelanggan dengan menggunakan pendekatan marketing-like.
Makalah ini membahas definisi pemasaran internal, konsep dan ruang lingkup pemasaran internal, filosofi pemasaran internal holistik, dimensi pemasaran internal, pengaruh pemasaran internal terhadap kinerja bisnis, beberapa penelitian pemasaran internal, serta permasalahan dan tantangan penelitian pemasaran internal. Tujuan penulisan makalah adalah untuk memberikan pemahaman konsep dan peran pemasaran internal dalam implementasi strategi perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah literature review jenis tradisional review. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan, integrasi pemasaran internal dalam strategi perusahaan secara keseluruhan adalah penting.