Penerapan Model Explicit Instruction dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita
Abstract
Penelitian bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita sebelum dan setelah penggunaan Model Explicit Instruction; dan membuktikan ada atau tidak pengaruh Model Explicit Instruction terhadap pembelajaran menulis teks berita. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMPIT Al Ishlah Maros dengan jumlah siswa yaitu 30 pada tahun ajaran 2017-2018. Sampel penelitian menggunakan sampel total. Desain penelitian ini adalah one-group pretes-posttest design. Teknik analisis adalah teknik statistik deskriptif dan analisis statistiska inferensial. Analisis statistika inferensial parametrik digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yaitu ada atau tidak adanya pengaruh Model Explicit Instraction terhadap pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan uji t (paired sample t test) namun sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil pengujian hipotesis dengan uji paired sampe t-test menunjukkan bahwa t hitung sebesar 21,931 sedangkan t tabel sebesar 2,00 karena nilai t hitung > t tabel (21,931 > 2,00) sehingga dapat disimpulkan menolak H0 dan menerima H1. Dengan demikian, Model Explicit Instruction berpengaruh terhadap pembelajaran menulis teks berita.