Penerapan Konsep Edutainment dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Paud Putra Putri Kelurahan Pademangan Barat
Abstract
Penelitian bertujuan menggambarkan penerapan metode pembelajaran edutainment dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di PAUD Putra Putri Kelurahan Pademangan Barat, serta faktor lain yang ada, yaitu penghambat dan faktor pendukung penerapan konsep edutainment dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di PAUD Putra Putri Kelurahan Pademangan Barat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian siswa di PAUD Putra Putri. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama dalam melakukan penelitian, dibantu oleh pertanyaan penelitian, pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data mengguanakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Adapun tahapan pengumpulan data adalah tahap reduksi data, tahap display data, dan tahap simpulan analisis data. Keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Model pemelajaran ini diharapkan mampu memitivasi guru dalam hal mengajar di kelas dan guru mempunyai banyak bekal untuk peserta didiknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep edutainment di PAUD Putra Putri Kelurahan Pademangan Barat dengan tahap perencanaan pembelajaran dan tahap pelaksanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dilakukan melalui pembuatan program tahunan hingga rencana kegiatan harian. Perencanaan pembelajaran tersebut kurang sesuai dengan perencanaan pembelajaran edutainment yang meliputi pengelolaan guru, pengelolaan lingkungan, dan pengelolaan waktu. Meskipun perencanaan pembelajaran di PAUD Putra Putri Kelurahan Pademangan Barat kurang sesuai dengan perencanaan pembelajaran edutainment, pembelajaran di PAUD Putra Putri Kelurahan Pademangan Barat tetap berkonsep edutainment. Terlaksananya pembelajaran berkonsep edutainment di PAUD Putra Putri Kelurahan Pademangan Barat didukung oleh beberapa faktor yaitu yang pertama antusias dan keceriaan anak dalam mengikuti aktivitas pembelajaran. Kedua kreativitas guru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran. Ketiga tersedianya alat permainan, dan media edukatif serta fasilitas yang lengkap. Pelaksanaan pembelajaran edutainment di PAUD Putra Putri Kelurahan Pademangan Barat juga memiliki faktor penghambat yaitu kurangnya fasilitas yang dimiliki sekolah dan kreativitas masing-masing guru.