Show simple item record

dc.contributor.authorWiyanti, Endang
dc.contributor.authorDinihari, Yulian
dc.date.accessioned2018-06-02T04:24:50Z
dc.date.available2018-06-02T04:24:50Z
dc.date.issued2018-04
dc.identifier.citationBuno, H. (2005). Model Pembelajaran Menciptakan Pendidikan Proses Belajar-Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Dahar, R. W. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga. Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RinekaCipta. Fadlillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Hamid, M. S. (2011). Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva press. Hamruni. (2009). Edutainment dalam Pendidikan Islam dan Teori-teori Pembelajaran Quantum. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga. Kushartanti, dkk. (2005). Pesona Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Maruli, P. (1981). Bahasa Pengaruh dan Peranannya. Jakarta: Gramedia. Siswoyo, D., dkk. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Sutrisno. (2005). Membedah Metode dan Teknik Pendidikan Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz. Soejono, Ag. (1983). Metode Khusus Bahasa Indonesia. Bandung: CV Ilmu. Wahyu, W. (2001). Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia. Anif, S. (2014). Pengembangan Model Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Biologi Berbasis Uji Kompetensi Awal (UKA) di Surakarta. Manajemen Pendidikan, 9(2), 157–170. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/1697id_ID
dc.identifier.issn2621-1661
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9906
dc.description.abstractPenelitian bertujuan menggambarkan penerapan metode pembelajaran edutainment dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di PAUD Putra Putri Kelurahan Pademangan Barat, serta faktor lain yang ada, yaitu penghambat dan faktor pendukung penerapan konsep edutainment dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di PAUD Putra Putri Kelurahan Pademangan Barat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian siswa di PAUD Putra Putri. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama dalam melakukan penelitian, dibantu oleh pertanyaan penelitian, pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data mengguanakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Adapun tahapan pengumpulan data adalah tahap reduksi data, tahap display data, dan tahap simpulan analisis data. Keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Model pemelajaran ini diharapkan mampu memitivasi guru dalam hal mengajar di kelas dan guru mempunyai banyak bekal untuk peserta didiknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep edutainment di PAUD Putra Putri Kelurahan Pademangan Barat dengan tahap perencanaan pembelajaran dan tahap pelaksanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dilakukan melalui pembuatan program tahunan hingga rencana kegiatan harian. Perencanaan pembelajaran tersebut kurang sesuai dengan perencanaan pembelajaran edutainment yang meliputi pengelolaan guru, pengelolaan lingkungan, dan pengelolaan waktu. Meskipun perencanaan pembelajaran di PAUD Putra Putri Kelurahan Pademangan Barat kurang sesuai dengan perencanaan pembelajaran edutainment, pembelajaran di PAUD Putra Putri Kelurahan Pademangan Barat tetap berkonsep edutainment. Terlaksananya pembelajaran berkonsep edutainment di PAUD Putra Putri Kelurahan Pademangan Barat didukung oleh beberapa faktor yaitu yang pertama antusias dan keceriaan anak dalam mengikuti aktivitas pembelajaran. Kedua kreativitas guru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran. Ketiga tersedianya alat permainan, dan media edukatif serta fasilitas yang lengkap. Pelaksanaan pembelajaran edutainment di PAUD Putra Putri Kelurahan Pademangan Barat juga memiliki faktor penghambat yaitu kurangnya fasilitas yang dimiliki sekolah dan kreativitas masing-masing guru.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) V 2018id_ID
dc.titlePenerapan Konsep Edutainment dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Paud Putra Putri Kelurahan Pademangan Baratid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record