Pengembangan Pembelajaran Matematika berbasis Double Loop Learning: Pemberdayaan Peserta Didik dalam Kecakapan Abad 21
Abstract
Secara umum penelitian ini ditujukan untuk menyusun model pengelolaan pembelajaran matematika berbasis double loop learning yang efektif meningkatkan hasil belajar matematika. Tujuan khusus penelitian pada artikel ini, yaitu mendeskripsikan pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) matematika yang mengintegrasikan karakter kecakapan peserta didik Abad 21. Jenis penelitian secara keseluruhan, penelitian dan pengembangan. Desain penelitian pada artikel ini penelitian kualitatif etnografi. Subjek penelitian, guru matematika, kepala sekolah, dan siswa SMP Kabupaten Sukoharjo. Metode pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data, analisis kualitatif model alur. Hasil penelitian: Pengembangan RPP yang mengintegrasikan karakter kecakapan abad 21, dikakukan dengan 1) menentukan jenis kecapan yang akan dikembangkan sesuai Kompetensi Dasar (KD), 2) mengembangkan indikator agar dapat mencapai KD, 3) merumuskan tujuan pembelajaran agar jelas dalam menunjukkan kecakapan yang harus dimiliki peserta didik, 4) mengembangkan materi pembelajaran yang relevan, 5) mengembangkan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan, dan 6) mengembangkan alat penilaian yang dapat mengukur kecakan abad 21 yang dikembangkan. Selain ke-enam hal tersebut juga melakukan perencanaan literasi didalam kegiatan pembelajaran.