Kontribusi Kemampuan Awal, Fasilitas Belajar, dan Komunikasi Matematik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji kontribusi kemampuan awal, fasilitas belajar, dan komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji kontribusi kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika, (3) menguji kontribusi fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (4) menguji komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 110 siswa SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Sampel penelitian sebanyak 86 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan α = 0,05. Hasil penelitian: (1) Ada kontribusi kemampuan awal, fasilitas belajar, dan komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika secara positif dan signifikan dengan R2 = 19,08%, (2) Ada kontribusi kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika secara positif dan signifikan dengan SE%X1 = 11.19940%, (3) Ada kontribusi fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika secara positif dan signifikan dengan SE%X2 = 4.30611%, (4) Tidak ada kontribusi komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika secara positif dan signifikan dengan SE%X3 = 3.57844%.