dc.contributor.author | Safitri, Anies | |
dc.contributor.author | Setyaningsih, Nining | |
dc.date.accessioned | 2019-06-20T03:18:05Z | |
dc.date.available | 2019-06-20T03:18:05Z | |
dc.date.issued | 2019-03 | |
dc.identifier.citation | Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdikbud-Rineka Cipta. Afiani, Nur. 2016. “Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika 2(1): 1-13 Aliyah, dkk. (2016). "Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX B Di MTs Negeri Jombang Kauman". Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN) 2(2): 93-186 Arimurti, Shella Aprisa. 2017. Kontribusi Komunikasi Matematik, Persepsi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika, dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Purwodadi. Diakses Tanggal 5 Maret 2019 (http://v1.eprints.ums.ac.id/archive/etd/50650/8/24) Astuti, Anggraini dan Leonard. 2012. "Peran Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa." Jurnal Formatif 2(2): 102-110 Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Busra, dkk. 2016. “Pengaruh Pengetahuan Awal, Kecerdasan Emosional dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli”. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika 5(3): 424-432 Fadila, Abi. 2015. "Eksperimentasi Pendekatan Matematika Realistik dengan Pemberian Tugas Ditinjau dari Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika". Jurnal e-DuMath 1(2): 114-121 Febriani, Putri Siti dan Sarino Alit. 2017. "Dampak Cara Belajar dan Fasilitas Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan". Manajerial 2(2): 163-172 Hevriansyah, Prana dan Priarti Megawanti. 2016. "Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika 2(1): 37–44 Lestari, Witri. 2017. "Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap hasil Belajar Matematika". Jurnal Analisa 3(1): 76-84 Limon, Mark Raguindin. 2016. "The Effect of the Adequacy of School Facilities on Students’ Performance and Achievement in Technology and Livelihood Education". International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development 5(1): 45-58 Lomibao, Lalla S, Charita A. Luna, dan Rhoda A. Namoco. 2016. "The Influence of Mathematical Communication on Students' Mathematics Performance and Anxiety". American Journal of Educational Research 4(5): 378-382 Lumpkin, Ronald B. 2013. "School Facility Condition and Academic Outcomes.” International Journal of Facility Management 4(3). Mushtaq, Irfan dan Shabana Nawaz Khan. 2012. "Factors Affecting Students' Academic Performance." Global Journal of Management and Business Research 12(9): 17-22 Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran Sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional. Jakarta: Rineka Cipta Sanaky, Hujair AH. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya | id_ID |
dc.identifier.issn | 2656-0615 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10884 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji kontribusi kemampuan awal, fasilitas belajar, dan komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji kontribusi kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika, (3) menguji kontribusi fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (4) menguji komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 110 siswa SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Sampel penelitian sebanyak 86 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan α = 0,05. Hasil penelitian: (1) Ada kontribusi kemampuan awal, fasilitas belajar, dan komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika secara positif dan signifikan dengan R2 = 19,08%, (2) Ada kontribusi kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika secara positif dan signifikan dengan SE%X1 = 11.19940%, (3) Ada kontribusi fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika secara positif dan signifikan dengan SE%X2 = 4.30611%, (4) Tidak ada kontribusi komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika secara positif dan signifikan dengan SE%X3 = 3.57844%. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019 | id_ID |
dc.title | Kontribusi Kemampuan Awal, Fasilitas Belajar, dan Komunikasi Matematik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |