• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS)

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (647.9Kb)
    Date
    2019-03
    Author
    Agustina, Lena Rahmawati
    Khotimah, Rita Pramujiyanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan besar presentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar tipe HOTS pada aspek menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta, serta menganalisis faktor penyebab kesalahan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Teras sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dengan membandingkan data dokumentasi hasil pekerjaan siswa dengan hasil wawancara. Kategori kesalahan yang digunakan berdasarkan kategori kesalahan Newman. Hasil penelitian diperoleh kesalahan pada aspek menganalisis yaitu kesalahan transformasi 46,67% dan kesalahan keterampilan proses 53,33%, pada aspek mengevaluasi yaitu kesalahan pemahaman 33,33%, kesalahan transformasi 54,17% dan kesalahan keterampilan proses 12,50%, sedangkan pada aspek mencipta yaitu kesalahan transformasi 36,67% dan kesalahan keterampilan proses 63,33%. Faktor penyebab kesalahan siswa yang dominan pada aspek menganalisis yaitu kurangnya pemahaman siswa tentang konsep aljabar, pada aspek mengevaluasi yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam mengubah kalimat cerita menjadi bentuk aljabar, sedangkan pada aspek mencipta yaitu kurang memahami materi operasi pembagian bentuk aljabar.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10903
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV