Show simple item record

dc.contributor.authorAgustina, Lena Rahmawati
dc.contributor.authorKhotimah, Rita Pramujiyanti
dc.date.accessioned2019-06-25T04:21:40Z
dc.date.available2019-06-25T04:21:40Z
dc.date.issued2019-03
dc.identifier.citationDAFTAR PUSTAKA Abdullah, Abdul H., Nur L. Z. A., & Marlina A. (2015). Analysis of Students’ Errors in Solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) Problem for the Topic of Fraction. Asian Social Science, 11(21), 133-142. Aini, Rahmawati N. & Tatag Yuli Eko Siswono. (2014). Analisis Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar pada PISA. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 158-164. Anderson, Lorin W. & David R. Krathwohl. 2001. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom, terjemahan Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Gais, Zakkina & Ekasatya Aldila Afriansyah. (2017). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 255-266. Haryati, Tuti, et al. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 8-15. Jamaris, Martini. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia. Jupri, Al. (2016). Student Difficulties in Word Problems in Algebra. Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(9), 2481-2502. Lewy, Zulkardi, & Nyimas Aisyah. (2009). Pengembangan Soal untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 14-28. Mahmudah, Wilda. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe Hots Berdasar Teori Newman. Jurnal UJMC, 4(1), 49-56. Newton, Nicki. (2017). Math Problem Solving in Action: Getting Students to Love Word Problems, Grades 3-5. Routledge. Rohmah, Mushlihah & Sugeng Sutiarso. (2018). Analysis Problem Solving in Mathematical Using Theory Newman. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671-681. Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Wati, Erna H., & Budi M. (2016). Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA pada Konten Change and Relationship. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I), Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, UMS, 12 Maret 2016 (hal 199-209). Surakarta. Wibowo, Pamujiarso H.E. & Rini S. (2016). Pemberian Scaffolding Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Kelas X SMA Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(5), 73-80. Yusnia, Desy & Harina Fitriyani. (2017). Identifikasi Kesalahan Siswa Menggunakan Newman’s Error Analysis (NEA) pada Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi, Diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam , UAD (hal 78-83). Semarang.id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10903
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan besar presentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar tipe HOTS pada aspek menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta, serta menganalisis faktor penyebab kesalahan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Teras sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dengan membandingkan data dokumentasi hasil pekerjaan siswa dengan hasil wawancara. Kategori kesalahan yang digunakan berdasarkan kategori kesalahan Newman. Hasil penelitian diperoleh kesalahan pada aspek menganalisis yaitu kesalahan transformasi 46,67% dan kesalahan keterampilan proses 53,33%, pada aspek mengevaluasi yaitu kesalahan pemahaman 33,33%, kesalahan transformasi 54,17% dan kesalahan keterampilan proses 12,50%, sedangkan pada aspek mencipta yaitu kesalahan transformasi 36,67% dan kesalahan keterampilan proses 63,33%. Faktor penyebab kesalahan siswa yang dominan pada aspek menganalisis yaitu kurangnya pemahaman siswa tentang konsep aljabar, pada aspek mengevaluasi yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam mengubah kalimat cerita menjadi bentuk aljabar, sedangkan pada aspek mencipta yaitu kurang memahami materi operasi pembagian bentuk aljabar.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019id_ID
dc.titleKesalahan dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS)id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record