Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Taruna melalui Media berbasis "Whiteboard Animation" Bidang Navigasi Pelayaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui klasifikasi penampilan dosen dalam kegiatan
belajar mengajar untuk mendukung peningkatan motivasi dan hasil belajar taruna melalui media
berbasis whiteboard animation, (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar taruna melalui
penggunaan media berbasis whiteboard animation, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar melalui
penggunaan media berbasis “whiteboard animation” bidang navigasi pelayaran pada mata kuliah
matematika terapan. Subyek penelitian adalah taruna yang mengambil Mata Kuliah Matematika
Terapan Semester Gasal TA. 2018/2019 sebanyak 24 orang taruna. Penelitian ini menggunakan
desain penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, angket
motivasi dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukan: (1) Penampilan dosen dalam mengajar berturut-turut pada siklus I, II dan III
memperoleh skor 49.95, 53.87 dan 57.69 yang ketiganya berada pada klasifikasi baik (2) Motivasi
belajar taruna meningkat dari siklus I, II dan III berturut-turut senilai 62.03, 67.56, dan 76.86. (3)
Hasil belajar taruna meningkat dari siklus I, II dan III berturut-turut adalah 61.73, 79.78, 88.26.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Motivasi Belajar; Whiteboard animation.