dc.contributor.author | Jawa, Yohana Desy | |
dc.contributor.author | Mamoh, Oktovianus | |
dc.date.accessioned | 2019-07-06T03:16:45Z | |
dc.date.available | 2019-07-06T03:16:45Z | |
dc.date.issued | 2019-03 | |
dc.identifier.citation | Hawa Malihatul Anni.2014. Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe Pisa. Prosiding Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan. (diakses 8 Maret 2019). Jamil, Nur Asiyah. 2016. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Aspek Logika dan Penalaran pada Siswa Usia 15 Tahun di MTs Negeri Jember 1: skripsi. http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/73520/120210101084--Nur%20Asiyah%20Jamil%20-1-55.pdf;sequence=1 (Diakses tanggal 5 Juni 2017). Kemendikbud. 2016. Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan: Artikel. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan (Diakses tanggal 16 Januari 2018). Mamoh Oktovianus. 2016. PENGEMBANGAN PERANGKAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MATERI TRANSFORMASI PADA SISWA KELAS VII SMP. SAINTEKBU: Jurnl Sains dan Teknologi. 8 (2) Jombang OECD. 2013. PISA 2012 RELEASED MATHEMATICS ITEMS: OECD Programme for International Student Assessment 2012. https://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/pisa2012-2006-rel-items-maths-ENG.pdf (Diakses tanggal 5 Juni 2018) Putri, Luvia Febryani, Janet Trineke Manoy. 2013. Identifikasi Kemampuan Matematika Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar di Kelas VIII Berdasarkan Taksonomi Solo: Jurnal. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/2368/30/article.pdf. (Diakses tanggal 18 Januari 2018). Setiawan, Harianto dkk. 2014. Soal Matematika dalam PISA Kaitannya Dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi: Jurnal. jurnal.unej.ac.id/index.php/psmp/article/download/955/758 (Diakses tanggal 5 Juni 2017). Sulastri, Rini dkk. 2014. Kemampuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah Menyelesaikan Soal PISA Most Difficult Level: Jurnal. http://jurnal.unsyiah.ac.id/index.php/DM/article/download/2073/2027. (Diakses tanggal 5 Juni 2017). Syawahid M, Putrawangsa Susilahudin.2017. Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar. Betajurnal (diakses 8 Maret 2019) | id_ID |
dc.identifier.issn | 2656-0615 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/11048 | |
dc.description.abstract | PISA merupakan suatu program yang diprogramkan oleh OECD (organization for Economic Co-operation and Development) untuk mengevaluasi kemampuan dan pengetahuan yang dirancang untuk siswa sekolah berusia 15 tahun di seluruh dunia. Indonesia menjadi salah satu peserta sejak tahun 2000 namun pencapaian prestasi siswa Indonesia belum memuaskan. Bagaimana dengan siswa di NTT yang juga bagian dari Indonesia? Siswa di NTT juga perlu dibiasakan dengan soal PISA agar mereka tidak merasa asing. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan siswa di NTT dalam meyelesaikan soal PISA dan juga untuk melatih dan membiasakan siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMP Putra Kefamenanu, tahun 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata siswa peserta tes baik yang berkemampuan matematika rendah sampai pada siswa yang berkemampuan matematika tinggi belum dapat menyelesaikan soal PISA. Hal ini ditandai dengan rata-rata nilai siswa dimana siswa yang berkemampuan matematika rendah berturut-turut mendapat nilai 18, rata-rata siswa yang berkemampuan matematika sedang mendapat nilai 24, dan rata-rata siswa yang berkemampuan matematika tinggi mendapat nilai 28 dengan nilai rata-rata keseluruhan 26,6. Hasil ini masih jauh dari nilai standar yang diharapkan, yaitu 72 dari skor total keseluruhan yaitu 148. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019 | id_ID |
dc.title | Analisis Kemampuan Matematika Siswa SMP di Kefamenanu dalam Menyelesaikan Soal Pisa | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |