• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Ethnomathematics Digital Comics (EDC) sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Matematika dan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Pendidikan Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (551.5Kb)
    Date
    2019-03
    Author
    Nisa', Ziyana Endah Khairun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam perkembangan globalisasi menimbulkan berbagai masalah salah satu nya dalam bidang kebudayaan. Kebudayaan sangat penting bagi kehidupan bernegara, karena budaya adalah jati diri sebuah bangsa. Perkembangan teknologi tidak dapat dihindarkan dari kehidupan. Pendidikan karakter adalah salah satu aspek dalam kebudayaan. Pendidikan karakter penting untuk generasi muda. Adapun salah satu strategi untuk tetap mempertahankan kebudayaan di era sekarang ini adalah mengolaborasikan budaya dengan bidang yang lainnya melalui teknologi masa kini. Dalam penelitian ini, peneliti menciptakan sebuah gagasan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis budaya yang dikemas dalam bentuk komik digital, di dalam media tersebut terdapat pembelajaran matematika yang dikolaborasikan dengan cerita rakyat. Pemilihan matematika sebagai dasar karena bertujuan mengembangkan penalaran, menjadi pribadi yang terlatih cara berpikirnya, konsisten, aktif, kreatif, mandiri, dan memiliki kemampuan menyelesaikan masalah. Penggabungan antara matematika dan budaya sendiri diharapkan mampu menjembatani antara matematika, penguatan pendidikan karakter serta pengetahuan budaya, peserta didik diharapkan lebih memahami matematika, mengenal budaya mereka, sehingga terjadi peningkatan pada karakter peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini seutuhnya berdasarkan dari hasil analisis, data-data sekunder yang dapat dipercaya dan dijadikan sumber pemikiran, analisis dari berbagai studi literatur terkemuka, media cetak maupun online yang pada akhirnya muncul sebuah gagasan dalam mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis budaya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11055
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV