Analisis Kesalahan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Aljabar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan yang dialami oleh mahasiswa semester satu program studi pendidikan matematika ditinjau dari hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah aljabar di Universitas Tidar Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan peserta sebanyak 29 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes yang berbentuk uraian dan wawancara. Teknik analisis data untuk metode tes dilakukan dengan cara mengidentifikasi kesalahan mahasiswa dan dicari prosentase tiap jenis kesalahan mahasiswa, yang terdiri dari kesalahan konsep, kesalahan menginterprestasi bahasa, kesalahan perhitungan, kesalahan data, dan penyelesaian tidak diperiksa kembali, sedangkan untuk metode wawancara, hasil wawancara ditranskrip dan dianalisis untuk mengetahui penyebab kesalahan mahasiswa dalam belajar mata kuliah aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa masih melakukan kesalahan dalam memahami konsep aljabar, seperti konsep dasar persamaan kuadrat, konsep dalil sisa, dan konsep persamaan eksponen; kesalahan dalam melakukan perhitungan, seperti kurang teliti (ceroboh); kesalahan dalam menginterprestasikan bahasa, seperti mengubah bahasa sehari-hari ke dalam matematika; dan kesalahan data, seperti mengabaikan data penting yang diberikan dan mengartikan informasi yang tidak sesuai dengan teks yang sebenarnya/ salah menyalin soal.