dc.identifier.citation | Agustyaningrum, Abadi, Sari, Mahmudi. (2018). An Analysis of Students‟ Error in Solving Abstract Algebra Task. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). 1-12. doi: 10.1088/1742-6596/1097/1/012118. Clement, M. N. (1980). Analysing Children‟s Error on Mathematical Task. Education Studies in Mathematics, 11 (1), 1-21. Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerota Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 4(2). 42-52. Hadar dkk. (1987). An Empirical Clasification Model for Error in High School Mathematics, Journal for Research in Mathematics Education. Jha, S.K. (2012). Mathematics Performance of Primary School Student in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedur, International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, vol II. Kingsdorf, S., & Krawec, J. (2014). Error Analysis of Mathematical Word Problem Solving Across Students with and without Learning Disabilities. Learning Disabilities Research & Practice, 29(2), 66-74. Mulyadi, Riyadi, dan Sri Subanti. (2015). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Kemampuan Spasial”. Jurnal Elektronika Pembelajaran Matematika, 3(4). 370-382. Mulyono, Abdurrahman. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Cetakan pertama. Jakarta: Rineka Cipta. Octaria, Dina. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa Serta Upaya Remediasi Dalam Menyelesaikan Soal Simpleks Program Linier. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 2(2). 269-279. Riccomini P J. (2016). How to use mathe error analysis to improve instruction Webinar (https://files.ernweb.com/erroranalysis.pdf). Supratiknya, A. (2009). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Wiyartimi. (2010). Kesalahan-Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika. Jakarta: Bumi Aksara. | id_ID |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan yang dialami oleh mahasiswa semester satu program studi pendidikan matematika ditinjau dari hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah aljabar di Universitas Tidar Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan peserta sebanyak 29 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes yang berbentuk uraian dan wawancara. Teknik analisis data untuk metode tes dilakukan dengan cara mengidentifikasi kesalahan mahasiswa dan dicari prosentase tiap jenis kesalahan mahasiswa, yang terdiri dari kesalahan konsep, kesalahan menginterprestasi bahasa, kesalahan perhitungan, kesalahan data, dan penyelesaian tidak diperiksa kembali, sedangkan untuk metode wawancara, hasil wawancara ditranskrip dan dianalisis untuk mengetahui penyebab kesalahan mahasiswa dalam belajar mata kuliah aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa masih melakukan kesalahan dalam memahami konsep aljabar, seperti konsep dasar persamaan kuadrat, konsep dalil sisa, dan konsep persamaan eksponen; kesalahan dalam melakukan perhitungan, seperti kurang teliti (ceroboh); kesalahan dalam menginterprestasikan bahasa, seperti mengubah bahasa sehari-hari ke dalam matematika; dan kesalahan data, seperti mengabaikan data penting yang diberikan dan mengartikan informasi yang tidak sesuai dengan teks yang sebenarnya/ salah menyalin soal. | id_ID |