• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Segmentasi Wilayah Kabupaten/Kota di Provinsi Papua Barat berdasarkan Indikator Pendidikan Tahun 2017

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (665.1Kb)
    Date
    2019-03
    Author
    Riyanti, Agustina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2017 di Provinsi Papua Barat sebesar 62,99 masuk dalam kategori rendah. Salah satu indikator yang digunakan dalam pembentukan IPM adalah indikator pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu aset sumber daya manusia sebagai investasi pembangunan. Perencanaan program pendidikan dapat didasarkan dari evaluasi capaian indikator pendidikan. Karakteristik wilayah Papua Barat terdiri dari beberapa kabupaten/ kota dengan tipologi daerah yang berbeda menyebabkan perlunya klasifikasi wilayah agar program pembangunan dapat dioptimalkan. Indikator pendidikan yang dipakai untuk klasifikasi wilayah di Provinsi Papua Barat antara lain adalah rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah, Angka Partisipasi Murni (APM) SD, APM SMP. Analisis yang digunakan untuk identifikasi wilayah dalam penelitian ini adalah analisis biplot. Analisis biplot digunakan untuk memberikan gambaran keragaman peubah, kedekatan antar objek dan keterkaitan peubah dalam suatu grafik dua dimensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kabupaten/ kota di Provinsi Papua Barat dikelompokan menjadi 2 kelompok wilayah. Wilayah pertama memiliki ciri wilayah dengan rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah, APM SD, APM SMP, APM SMA, dan APM perguruan tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah kelompok kedua.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11059
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV