dc.contributor.author | Ni'mah, Ulfatun | |
dc.contributor.author | Utami, Runtut Prih | |
dc.date.accessioned | 2019-08-09T01:41:58Z | |
dc.date.available | 2019-08-09T01:41:58Z | |
dc.date.issued | 2019-04 | |
dc.identifier.citation | Artikel ini adalah ringkasan dari skripsi yang berjudul “Pengembangan Modul IPA Biologi Braille Materi Pokok Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas VIII Difabel Netra di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta”. Referensi yang dipakai pada artikel ini yaitu : Kemenristekdikti. 2016. Undang – Undang Republik Indosesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Online: http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_ 003.pdf diakses pada tanggal 03 Maret 2018 pukul 23.00 WIB. Nahlisa, Rizka Meutia. 2015. Buku Braile Sebagai Jembatan Keterbatasan Akses Informasi Siswa Tunanetra Sekolah Luar Biasa Bagian A Dria Adi Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Vol. 4, No. 2 Saputri, Aprilia Eki dan Muhammad Nur Wangid. 2013. Pembelajaran Sains SD untuk Siswa Difabel netra di SLB-A Yaketunis. Jurnal Prima Edukasia. Vol: 1. Smart, Aqila. 2010. Anak Cacat Bukan Kiamat: Metode Pembelajaran dan Terapi untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. Sudarisman, Suciati. 2015. Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea. Vol 2 No.1. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Suprapti dan R. Susanti. 2015. Pengembangan Modul Sistem Ekskresi Berbasis Inquiry. Unnes.J.Biol.Educ. Vol: 4 (3). Tekkaya, Ceren. 2001. Biology Concepts Perceived As Difficult By Turkish High School Sudents. Hacettepe Universitesi Fakultesi Dergisi. Vol. 21 Trisiana, Anita dan Wartoyo. 2016. Desain Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Addie Model Untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa Di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. PKn Progresif. Vol: 11, No. 1 Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Yuliawati, M.A. Rokhimawan, dan J. Suprihatiningrum. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Sains Berbasis Integrasi Islam – Sains untuk Peserta Didik Difabel Netra MI/SD Kelas 5 Semester 2 Materi Pokok Bumi dan Alam Semesta. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. JPII 2. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2527-533X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/11362 | |
dc.description.abstract | Penelitian yang dilakukan ini didasarkan pada realita di sekolah bahwa fasilitas dan sarana yang mendukung pembelajaran IPA Biologi bagi siswa difabel netra masih minim, terlebih pada bahan ajar cetak braille. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas, serta respon siswa difabel netra terhadap produk yang dikembangkan berupa modul IPA Biologi braille meteri pokok sistem ekskresi untuk siswa kelas VIII difabel netra di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang terbatas pada tahap Analysis, Design, Development, dan Evaluation. Kualitas produk modul IPA biologi braille dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 ahli braille, 5 peer reviewer, 1 guru IPA Biologi, dan respon 9 siswa difabel netra kelas IX MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta. Instrumen pengambilan data menggunakan angket. Data yang sudah diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penilaian bahwa produk modul IPA biologi braille materi pokok sistem ekskresi telah dikembangkan dengan model ADDIE untuk siswa difabel netra. Adapun kualitas produk modul termasuk sangat baik dengan masing-masing persentase sebesar 96,25% (ahli materi), 95,7% (ahli media), 91% (ahli braille), 92,40% (peer reviewer), 100% (guru IPA Biologi), dan respon siswa difabel netra sebesar 92,30% . Dengan demikian modul IPA biologi braille materi pokok sistem ekskresi untuk siswa difabel netra yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar cetak dalam pembelajaran IPA biologi. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4 | id_ID |
dc.title | Pengembangan Modul IPA Biologi Braille Materi Pokok Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas VIII Difabel Netra di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |