Deskripsi Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Laboratorium merupakan salah satu sarana utama yang mendukung keberhasilan proses belajar mengajar IPA. Laboratorium menjadi pusat kegiatan belajar mengajar IPA khususnya pada pembelajaran berbasis praktikum. Laboratorium akan dapat berfungsi dengan baik apabila laboratorium dikelola dengan baik. Oleh karena itu, perlu adanya sistem pengelolaan atau manajemen laboratorium IPA sehingga laboratorium dapat berperan sesuai fungsinya. Pengelolaan laboratorium yang meliputi kelompok pengelola, kelompok yang dikelola, pengadministrasian laboratorium dan inventarisasi laboratorium memiliki peranan penting dalam mewujudkan efektivitas pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pengelolaan laboratorium IPA di SMP Negeri 2 Banyudono tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2019 sampai bulan Januari 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan laboratorium IPA di SMP Negeri 2 Banyudono tahun pelajaran 2018/2019 masuk dalam kategori kurang baik dengan rata-rata persentase sebesar 45.45%.