dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. Asep, dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : UPI Press. Carin, A.A. (1997). Teaching Modern Science 7 Ed. Merrill Pub. Co. Elseria. 2016. “Efektivitas Pengelolaan Laboratorium IPA” . Jurnal Manajer Pendidikan. Vol 10. No 1. Hal : 109 – 121. Hendro Kusumo, 2009. Bagaimana Bekerja di Laboratorium?. Klaten: Intan Pariwara. Mastika, Nyoman. 2014. “Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri Kota Denpasar”. Jurnal Pendidikan. No 1. Vol 4. Hal 11 – 20. Mulyadi. 2010. Evaluasi Pendidikan. Malang : UIN MALIK PRESS. Permendiknas No 24. 2007. Salinan Standar Sarana dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Marasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanaawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Permendiknas. Septinurmita, R., Sudirman, dan L.Y., Sari. 2014. Tinjauan Standarisasi Laboratorium IPA Biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Solok Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014. (Online), (ejournal-s1.stkip-pgri-sumbar.ac.id), diunduh pada 23 Agustus 2015. Sutrisno, W. 2007. Pemeliharaan fasilitas laboratorium fisika untuk diklat teknisi laboratorium. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA. | id_ID |
dc.description.abstract | Laboratorium merupakan salah satu sarana utama yang mendukung keberhasilan proses belajar mengajar IPA. Laboratorium menjadi pusat kegiatan belajar mengajar IPA khususnya pada pembelajaran berbasis praktikum. Laboratorium akan dapat berfungsi dengan baik apabila laboratorium dikelola dengan baik. Oleh karena itu, perlu adanya sistem pengelolaan atau manajemen laboratorium IPA sehingga laboratorium dapat berperan sesuai fungsinya. Pengelolaan laboratorium yang meliputi kelompok pengelola, kelompok yang dikelola, pengadministrasian laboratorium dan inventarisasi laboratorium memiliki peranan penting dalam mewujudkan efektivitas pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pengelolaan laboratorium IPA di SMP Negeri 2 Banyudono tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2019 sampai bulan Januari 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan laboratorium IPA di SMP Negeri 2 Banyudono tahun pelajaran 2018/2019 masuk dalam kategori kurang baik dengan rata-rata persentase sebesar 45.45%. | id_ID |