Profil Instrumen Penilaian Pembelajaran Biologi Kelas XI Semester Genap di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Guru harus mampu menilai hasil belajar siswa sesuai dengan standar penilaian yang telah ditetapkan. Instrumen penilaian merupakan alat yang digunakan oleh guru untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil instrumen penilaian pembelajaran Biologi kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta semester genap Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan metode dokumentasi. Populasi penelitian meliputi seluruh instrumen pembelajaran Biologi kelas XI semester genap yang dibuat oleh guru di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data berupa instrumen penilaian pembelajaran Biologi kelas XI semester genap yang diperoleh dari RPP buatan guru di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Profil instrumen yang di analisis meliputi instrumen penilaian afektif, kognitif dan psikomotor pada aspek konstruksi, substansi, dan bahasa. Data dianalisis menggunakan instrumen yang telah dibuat. Hasil penelitian diperlihatkan bahwa profil instrumen penilaian pembelajaran Biologi kelas XI semester genap di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019 diperoleh skor tertinggi pada penilaian kognitif yaitu 83,3 % termasuk kategori baik dan penilaian afektif 75,5 % termasuk kategori baik, sedangkan skor terendah pada penilaian psikomotor yaitu 66,6 % termasuk kategori cukup. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa profil instrumen penilaian pembelajaran Biologi kelas XI semester genap di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019 termasuk kategori baik (74,96 %).