Show simple item record

dc.contributor.authorAudina, Revika
dc.contributor.authorHariyatmi, H
dc.date.accessioned2019-08-09T01:58:00Z
dc.date.available2019-08-09T01:58:00Z
dc.date.issued2019-04
dc.identifier.citationAmalia, N. F., & Susilaningsih, E. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8. Anderson, L. W., & Karthwohl, Davis R. (2010).Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen : Revisi Taksonomi Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Andini, A., Sulistiono, & Budiretnani, D. A. (2014). Analisis Rubrik Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri Di Kota Kediri Tahun Ajaran 2013/2014. Surakarta: Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS. Ariantini, N. P., Suandi, I. N., & Sutama, I. N. (2014).Implementasi Pengintegrasian Sikap Spiritual dan Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja.JurnalPendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 3 (1), 1-11. Anwar, H. 2009. Penilaian Sikap Ilmiah pada Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu, 2 (5), 103-114. Ariantini, N. P., Suandi, I. N., & Sutama, I. N. (2014).Implementasi Pengintegrasian Sikap Spiritual dan Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja.JurnalPendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 3 (1), 1-11. Arikunto, S. (2011).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. Judiani, S. (2010).Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16 (9), 280-289. Julianingsih, S. (2017). Skripsi: Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (Hots) untuk Mengukur Dimensi Pengetahuan IPA Siswa di SMP. Bandar Lampung : FKIP Universitas Lampung. Kemendikbud. (2016). Pembelajaran Biologi Melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. . (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama Cetakan Ketiga. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Gunawan, I., & Palupi, A .R. (2012).Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2 (2), 98-117. Hamid, M. A. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK pada Pembelajaran dasar Listrik Elektronika.Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Eelektro, 1 (1), 37-46. Mukarramah, U., Juanda, A., & Fitriah.(2015). analisis standar proses pembelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 1 Majalengka tahun pelajaran 2014/ 2015. Scientiae Educatia, 5 (1). Nikmah, N., Anggraito, Y.U., & Widiatningrum, T. (2017). Analisis Keterlaksanaan Problem Based Learning dan Hubungannya dengan Kemampuan Higher Order Thinking Siswa. Journal of Biology Education, 6 (3), 248-257. Nurgiyantoro, B. (2018). Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UGM Press. Noviarti, Endah Putri, 2015. Skripsi Kemampuan Guru Mata Pelajaran Biologi Dalam Pembuatan Soal Hot (Higher Order Thinking) Di SMA Negeri 1 Wonosari Klaten. Surakarta : UniversitasMuhammadiyah Surakarta. Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana. Ramadhan, S. (2015). Estimasi Kesalahan Baku Pengukuran Soal-Soal UAS Fisika Kelas XII SMA Di Kabupaten Bima NTB. Jurnal Evaluasi Pendidikan. Vol 3. No 1. Hal: 90-98. Riani, H. A. A. (2014). Skripsi: Kemampuan Guru Biologi Sma Negeri 1 Gondang Sragen Dalam Penyusunan Penilaian Autentik (Authentic Assesment) Sebagai Evaluasi Pembelajaran. Surakarta: Surakarta: FKIP Pendidikan Biologi UMS. Sary, Y. N. E. (2015).Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish. Permendikbud no 160 tahun 2014. Simbolon, P. P., Hairida, & Harun I. (2014). Deskripsi Kemampuan Psikomotorik Siswa Praktikum Kelarutan Dan Hasil Kelarutan (KSP) Kelas XI IPA. Pontianak: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAN. Sulistya, W. N. (2012). Evaluasi Proses Dan Hasil Belajar.Salatiga : Widya Sari. Tjahjadarmawan, E. (2017). Best Practice Guru dalam Tugas Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.id_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11368
dc.description.abstractGuru harus mampu menilai hasil belajar siswa sesuai dengan standar penilaian yang telah ditetapkan. Instrumen penilaian merupakan alat yang digunakan oleh guru untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil instrumen penilaian pembelajaran Biologi kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta semester genap Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan metode dokumentasi. Populasi penelitian meliputi seluruh instrumen pembelajaran Biologi kelas XI semester genap yang dibuat oleh guru di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data berupa instrumen penilaian pembelajaran Biologi kelas XI semester genap yang diperoleh dari RPP buatan guru di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Profil instrumen yang di analisis meliputi instrumen penilaian afektif, kognitif dan psikomotor pada aspek konstruksi, substansi, dan bahasa. Data dianalisis menggunakan instrumen yang telah dibuat. Hasil penelitian diperlihatkan bahwa profil instrumen penilaian pembelajaran Biologi kelas XI semester genap di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019 diperoleh skor tertinggi pada penilaian kognitif yaitu 83,3 % termasuk kategori baik dan penilaian afektif 75,5 % termasuk kategori baik, sedangkan skor terendah pada penilaian psikomotor yaitu 66,6 % termasuk kategori cukup. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa profil instrumen penilaian pembelajaran Biologi kelas XI semester genap di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019 termasuk kategori baik (74,96 %).id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4id_ID
dc.titleProfil Instrumen Penilaian Pembelajaran Biologi Kelas XI Semester Genap di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record