Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP UMS pada Praktikum Sistematika Invertebrata Tahun Akademik 2018/2019
Abstract
Keterampilan proses sains merupakan seperangkat keterampilan yang digunakan para ilmuan dalam melakukan penyelidikan ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan proses sains mahasiswa calon guru Biologi FKIP UMS pada Praktikum Sistematika Invertebrata tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini menggunakan data sesuai aspek keterampilan proses sains dan dianalisis deskriptif yang dilakukan untuk mengetahui gambaran data yang akan dianalisis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP UMS. Waktu pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada Bulan September 2018 – Januari 2019. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga latihan dengan mengambil empat kelas pada Praktikum Sistematika Invertebrata. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang menempuh Praktikum Sistematika Invertebrata Tahun Akademik 2018/2019 yang berjumlah 205 orang. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 72 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian keterampilan proses sains yang berisi 7 aspek yaitu pengamatan (observasi), merekam data, keterampilan mengikuti instruksi, keterampilan mengimplementasikan prosedur ,keterampilan berkomunikasi lisan maupun tertulis, keterampilan mengklasifikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan proses sains pada praktikum Sistematika Invertebrata masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 85,89.