dc.contributor.author | Putri, Puput Novita | |
dc.contributor.author | Agustina, Putri | |
dc.date.accessioned | 2019-08-09T02:04:35Z | |
dc.date.available | 2019-08-09T02:04:35Z | |
dc.date.issued | 2019-04 | |
dc.identifier.citation | Agustina, P. Sundari, P.P.K. dan Ardani, D.E. 2016. “Kemampuan Calon Guru Biologi dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Praktikum: Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMS”. Proceeding Biology Education Conference. Vol 13. No 1. Hal : 536-540. Clara, Almira Yashinta. 2017. “Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP UMS Pada Praktikum Anatomi Hewan Tahun Akademik 2017/2018”. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ineka Cipta. Fadlan, A. 2011. Strategi Pengembangan Science Generic Skills (SGS) Calon Guru FisikaMelalui Model Pembelajaran Group Investigationpada Matakuliah Praktikum.Jurnal Phenomenon. Vol 1. No 1. Hal: 31-44. Muspiroh, N. 2012. Analisis Kemampuan Generik Sains Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Praktikum Anatomi Tumbuhan. Scientiae Educatia. Vol 1. No 1. Hal : 1-15. Paidi, dkk. 2012. Peningkatan KemampuanCalon Guru MIPA Mengembangkan KerjaIlmiah (Scientific Process) dalam PengajaranMikro, Menuju Terbentuknya GuruPemula Bidang IPA yang Kompeten.(Online), (staff.uny.ac.id/.../Keterampilan%20Proses%20Sains-Paidi%20UNY),diakses pada 13 Oktober 2016. Rahayu, Tuti. 2011. Sistematika Hewan Invertebrata. Surakarta: Muhammadiyah University Press. Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Rustaman, N. Y. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM PRESS. Sudjana, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Gravindo Persada. Trianto. 2012. Model Pembelajaran terpadu. Jakarta : Bumi Aksara. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2527-533X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/11370 | |
dc.description.abstract | Keterampilan proses sains merupakan seperangkat keterampilan yang digunakan para ilmuan dalam melakukan penyelidikan ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan proses sains mahasiswa calon guru Biologi FKIP UMS pada Praktikum Sistematika Invertebrata tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini menggunakan data sesuai aspek keterampilan proses sains dan dianalisis deskriptif yang dilakukan untuk mengetahui gambaran data yang akan dianalisis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP UMS. Waktu pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada Bulan September 2018 – Januari 2019. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga latihan dengan mengambil empat kelas pada Praktikum Sistematika Invertebrata. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang menempuh Praktikum Sistematika Invertebrata Tahun Akademik 2018/2019 yang berjumlah 205 orang. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 72 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian keterampilan proses sains yang berisi 7 aspek yaitu pengamatan (observasi), merekam data, keterampilan mengikuti instruksi, keterampilan mengimplementasikan prosedur ,keterampilan berkomunikasi lisan maupun tertulis, keterampilan mengklasifikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan proses sains pada praktikum Sistematika Invertebrata masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 85,89. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4 | id_ID |
dc.title | Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP UMS pada Praktikum Sistematika Invertebrata Tahun Akademik 2018/2019 | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |