Efektivitas Tes Berpikir Tingkat Tinggi pada Mata Kuliah Mikrobiologi Berbantuan Microsoft Powerpoint dan Visual Basic for Aplication
View/ Open
Date
2019-04Author
Kusumadani, Annur Indra
Syarif, Ahmad
Dewi, Rahma Citra
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas tes berpikir tingkat tinggi pada mata kuliah mikrobiologi berbantuan komputer dengan Microsoft Office dan Visual Basic for Application. Instrumen tes yang dikembangkan bertujuan mengukur kemampuan uraian singkat mahasiswa pada mata kuliah biologi lingkungan. Instrumen tes yang dikembangkan berbasis Microsoft Office Powerpoint dan Visual Basic for Application. Penelitian ini merupakan lanjutan dari Research and Development dengan modifikasi subjek coba pada beberapa tahapan penelitian. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini merupakan lanjutan dari tahapan penelitian sebelumnya yaitu uji efektivitas. Penelitian melibatkan 40 mahasiswa pendidikan biologi UMS yang mengambil matakuliah mikrobiologi dimana 20 siswa diuji menggunakan tes berpikir tingkat tinggi berbantuan microsoft dan visual basic serta 20 siswa diuji menggunakan tes responsi tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment. Semakin tinggi korelasi hasil kedua tes menunjukkan semakin efektif tes berpikir tingkat tinggi yang dikembangkan. Kesimpulan hasil penelitian adalah instrumen tes berpikir tingkat tinggi yang dikembangkan efektif untuk mengukur kemampuan siswa pada materi mikrobiologi. Hasil akhir penelitian ini adalah tes berpikir tingkat tinggi berbantuan komputer pada materi mikrobiologi yang valid eksternal atau efektif. Validitas eksternal sebesar 0,734 (kuat) yang merupakan korelasi hasil tes berpikir tingkat tinggi yang dikembangkan dengan tes responsi pada mata kuliah mikrobiologi. Kesimpulan hasil penelitian adalah instrumen tes yang dikembangkan efektif untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi mikrobiologi.