KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PSIKOLOGI ISLAM
Abstract
Fungsi pendidikan adalah transformasi kebudayaan dan nilai kepada peserta didik, agar mampu
memahami, menginternalisasikan dan menyampaikan kepada generasi berikutnya. Ada dua faktor pendidikan
ialah faktor eksternal, yaitu nilai dan kebudayaaan, serta faktor internal berupa aktualisasi potensi yang dimiliki.
Kedua faktor ini sama kuat pengaruhnya. Karakter dalam Islam dikenal dengan istilah akhlaq, yaitu kondisi lahir
dan batin manusia. Akhlaq terbagi menjadi akhlaq baik dan akhlaq buruk. Akhlaq baik (akhlaq mahmudah),
seperti sabar, syukur, ikhlas, qana’ah, rendah hati (tawadhu’), jujur (sidq), dermawan (jud), amanah, pemaaf,
dan lapang dada. Akhlaq buruk (akhlaq madzmumah) seperti gampang marah (ghadhab), kufur nikmat, riya’,
rakus (thama’),sombong (takabur), dusta (kidb), pelit (syukh), khianat, dendam, dan dengki. Pengukuran
kelompok karakter ini secara kuantitatif dapat dikembangkan dengan melibatkan berbagai teori pendahulu yang
mendukung batasan-batasan karakter baik dan buruk di atas.