Browsing Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015 by Title
Now showing items 41-60 of 60
-
Penanaman Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Krisis karakter yang terjadi saat ini sangat mengkhawatirkan karena melibatkan anakanak. Hal itulah yang mendasari pentingnya pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Pendidikan karakter di Sekolah Dasar dapat dilaksanakan ... -
Penerapan Kegiatan Champion Day sebagai Upaya Meningkatkan Perkembangan Emosi Anak (Studi Kasus di TK Lazuardi Kamila Banjarsari Surakarta)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan Champion Day dalam meningkatkan perkembangan emosi anak Penelitian ini dilakukan di TK Lazuardi Kamila, Banjarsari Surakarta, dimana anak kelompok B ... -
Pengaruh Reward And Punishment terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 3 Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh reward terhadap kedisiplinan siswa kelas tinggi SD Negeri 3 Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015, 2) mengetahui pengaruh punishment ... -
Pengaruh Reward and Punishment terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 3 Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh reward terhadap kedisiplinan siswa kelas tinggi SD Negeri 3 Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015, 2) mengetahui pengaruh punishment ... -
Pengelolaan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: 1) pengelolaan pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta, 2) petugas yang mengelola pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul ... -
Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: 1) pengelolaan pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta, 2) petugas yang mengelola pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Berkarakter Antikorupsi Berbantuan Film (Pankorfi) pada Mata Pelajaran PKn
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Pemberantasan korupsi tidak cukup dilakukan pemerintah melalui penegakan hukum semata tetapi perlu dukungan semua pihak. Salah satunya melalui pendidikan antikorupsi. Berdasarkan hasil field study di SDN Kalimacan 1, SDN ... -
Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran Muatan Lokal
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Derasnya arus globalisasi berdampak pada semua aspek kehidupan bangsa yang salah satunya berupa terkikisnya rasa kecintaan terhadap budaya lokal. Salah satu dampak yang dirasakan adalah dampak globalisasi terhadap ... -
Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran IPA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Pendidikan merupakan suatu proses dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan, yang dilaksanakan melalui proses pengajaran dengan ... -
Peningkatan Kegemaran Menulis Karya Ilmiah Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tempat dimana mahasiwa menyalurkan banyak ide dan kreativitas mereka. Banyak sekali manfaat pembuatan PKM untuk Mahasiswa. Melalui PKM ide tersebut dilihat banyak orang untuk dapat ... -
Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Pembelajaran Interaktif di Kelompok A TK Pertiwi I Jirapan 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan yang crusial bagi anak usia dini. Kecerdasan berbahasa atau kecerdasan verbal linguistic merupakan kecerdasan yang pertama kalinya muncul dari seorang anak. Pada dasarnya, ... -
Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Pembelajaran Interaktif di Kelompok ATK Pertiwi I Jirapan 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan yang crusial bagi anak usia dini. Kecerdasan berbahasa atau kecerdasan verbal linguistic merupakan kecerdasan yang pertama kalinya muncul dari seorang anak. Pada dasarnya, ... -
Peran LKMMD dalam Menguatkan karAkter Kepemimpinan Kader Anggota HMP PGSD 2014
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Dasar (LKMMD) terhadap karakter kepemimipinan anggota baru HMP PGSD 2014. Selain itu, hasil penelitian ini juga diharapkan ... -
Peran Metode Diskusi dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Di tengah-tengah perkembangan dunia yang begitu cepat dan semakin kompleks dan canggih, prinsip-prinsip pendidikan untuk membangun etika, nilai dan karakter peserta didik tetap harus dipegang. Metode diskusi diharapkan ... -
Peran Metode Diskusi dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Di tengah-tengah perkembangan dunia yang begitu cepat dan semakin kompleks dan canggih, prinsip-prinsip pendidikan untuk membangun etika, nilai dan karakter peserta didik tetap harus dipegang. Metode diskusi diharapkan ... -
Peran Pembelajaran IPA di Sekolah Dalam Membangun Karakter Anak
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi ... -
Peranan Guru dalam Mengidentifikasi Masalah Peserta Didik di Sekolah Dasar dan Bentuk Bimbingannya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Sekolah Dasar (SD) merupakan tempat memberikan dasar ilmu pengetahuan, untuk memperoleh pendidikan selanjutnya. SD sebagai landasan (fundamentals) untuk mengembangkan potensi dasar sebagai titik awal untuk menuju pendidikan ... -
Peranan Guru dalam Mengidentifikasi Masalah Peserta Didik di Sekolah Dasar dan Bentuk Bimbingannya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Sekolah Dasar (SD) merupakan tempat memberikan dasar ilmu pengetahuan, untuk memperoleh pendidikan selanjutnya. SD sebagai landasan (fundamentals) untuk mengembangkan potensi dasar sebagai titik awal untuk menuju pendidikan ... -
Strategi Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Selama ini ada anggapan yang keliru mengenai barometer anak yang berkualitas. Lembaga pendidikan bertahun-tahun mengagungkan prestasi siswanya hanya dari perolehan nilai-nilai hasil ujian yang bersifat metematis saja, ... -
Variasi Pandangan Siswa terhadap Penanaman Nilai Toleransi Kehidupan Beragama di Sekolah dan Masyarakat
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai: (1) pandangan siswa terhadap penanaman nilai toleransi beragama di sekolah dan (2) pandangan siswa terhadap tpenanaman nilai toleransi beragama di ...