Show simple item record

dc.contributor.authorHeriyanto, Djoko
dc.date.accessioned2012-06-09T04:41:23Z
dc.date.available2012-06-09T04:41:23Z
dc.date.issued2011-04
dc.identifier.citationArends, Richard. 1990. Collaborative Learning A Development. London : The Falmer Press. Cohen, Elizabeth. 1994. Designing Groupwork : Strategies for The Heteregeneus Classrom 2nd Ed. New York : Teachers College Press. Depdiknas, 2003. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Gagne, Robert. 2004. Essential of Learning for Instruction. New York. Alih Bahasa Agus Gerrad Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo Nana Sudjana. 1995 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya. Sardiman, A.M, 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa. Sharan, Shlomo. 2009. Handbook of Cooperative Learning. Diterjemahkan oleh Sigit Prawoto. Yogyakarta : Imperium Slavin E. Robert. 2009. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Diterjemahkan oleh Nurulita Yusron. Bandung : Penerbit Nusa Media. Suroso, dkk. 2003. Ensiklopedi Sains dan Kehidupan. Jakarta : CV Tarity Samudra Berlian. Udin, S. Winataputra. 2001. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta : PAU-PPAI Universitas Terbuka. Wardiyatmoko, K. 2006. Geografi untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Erlangga Zuriah, Nurul. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksaraen_US
dc.identifier.isbn978-979-636-130-4
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1535
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode jigsaw, 2) untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode jigsaw. Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model pembelajaran kooperatif metode jigsaw dilakukan pada siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Cepogo Kabupaten Boyolali semester 1 tahun pelajaran 2010/2011 pada kompetensi dasar Menjelaskan Fenomena Biosfer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melaui data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung melalui pengamatan dan atau pencatatan langsung saat pelaksanaan proses belajar mengajar, sedangkan data sekunder diperoleh dari data-data statistik yang tersedia di sekolahan. Hasil belajar siswa diperolah melalui tes, sedangkan peningkatan motivasi belajar diperoleh melalui angket dan wawancara langsung kepada siswa. Data tersebut kemudian dibuat tabulasi dan dibandingkan antara siklus satu dengan siklus berikutnya, kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif metode jigsaw terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Cepogo Kabupaten Boyolali Semester 1 tahun pelajaran 2010/2011 pada kompetensi dasar Menjelaskan Fenomena Biosfer. Terjadi peningkatan hasil belajar secara signifikan pada pra siklus nilai ratarata 60,42, meningkat pada siklus kedua menjadi 67,81, dan pada siklus kedua rata-rata 72,60. Siswa yang mengalami ketuntasan belajar berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 66 dari 24 siswa pada pra siklus pertama 12 siswa (50 persen), siklus pertama 17 siswa (70,83 persen), dan siklus kedua 21 (87,5 persen). Sedangkan dari segi motivasii belajar, ada kecenderungan peningkatan motivasi belajar dari siklus pertama dan siklus kedua. Siswa bekerjasama dalam kelompok untuk menguasai materi pelajaran tertentu. dan mengupayakan siswa untuk mampu mengajarkan kepada siswa lain. Mengajar teman sebaya dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu yang bersamaan, ia menjadi nara sumber bagi teman yang lain.en_US
dc.publisherMUP-lppmumsen_US
dc.subjectHasil belajaren_US
dc.subjectmodel pembelajaran kooperatifen_US
dc.subjectmetode jigsawen_US
dc.subjectbiosferen_US
dc.titleUpaya Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali Semester 1 Tahun Pelajaran 2010/2011en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record