NYANYIAN SEBAGAI METODE PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK
Abstract
Hampir semua orang pernah bernyanyi, begitu pula dengan anak-anak. Dunia anak adalah bermain
dan bernyanyi, sehingga ketika anak-anak berada di sekolah TK kegiatan tidak lepas dari bermain dan bernyanyi
dengan tujuan untuk mendidik dan mengembangkan ketrampilan anak. Nyanyian merupakan perpaduan antara
lirik dan lagu. Dalam lirik terdapat susunan kata-kata yang mengandung arti/makna tertentu yang dapat
digunakan untuk melakukan sugesti, persuasi dan memberikan nasehat. Berdasarkan wawancara pada beberapa
guru TK diperoleh temuan bahwa para guru TK menggunakan nyanyian sebagai salah satu metode yang
digunakan untuk menyampaikan pesan tertentu kepada anak didiknya selain dengan cerita/dongeng. Metode ini
dianggap lebih tepat bagi anak-anak dibandingkan dengan ceramah biasa, karena terkesan gembira dan tidak
membosankan. Jika nyanyian tersebut sering dinyanyikan dan didengarkan diharapkan dapat mensugesti dan
mengajak anak-anak untuk memiliki karakter seperti dalam makna nyanyian tersebut. Oleh karena itu dalam
rangka mendidik karakter anak maka metode nyanyian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif.