Show simple item record

dc.contributor.authorLestari, Rini
dc.date.accessioned2012-07-24T04:44:16Z
dc.date.available2012-07-24T04:44:16Z
dc.date.issued2012-04-21
dc.identifier.citationAnonim. (2004). Spiritualitas Taize : Inti Metode Penerapan Praktis Perjuangan dan Kontemplasi. INTIM, Jurnal STT Intim Makasar, Edisi Khusus, p. 79 – 81. Aquilar, R. & Tansini, R. (2012). Join Analysis of Preschool Attendance & School Performance In The Short and Long Run. International Journal of Educatioanl Development, Vol. 32 (2), p. 224 – 231. Crosser, S. (1997). Helping Young Children To Develop Character. Early Childhood News, Vol. 9 (3), p. 20 – 24. Doty, J. (2006). Sports Build Character? Journal of College & Character, Vol. VII (3), p. 1 – 9. Hamid, I. (2011). Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Bangsa. Teras Jogja, JogjaTV, 20 Mei. Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2010). Pendidikan Karakter di Sekolah. http ://goeroendeso.files/2011/09/panduan-pendidikankarakter. pdf. Prawitasari, J.E. (2012). Psikologi Terapan. Melintas Batas Disiplin Ilmu. Jakarta : Penerbit Erlangga. Rachmawati, Y. (2009). The Role of Music In Character Building. The International Journal of Learning, Vol. 17, p. 61 – 76. Subekti, A. (2007). Analisis Kumpulan Lirik lagu Karya Ebiet G Ade. http : //digilib.uns.ac.id/pengguna.php/mn=detail&d-id=2656. Diunduh 2 April 2012. Tyasrinestu, F. (2004). Musik : Pendidikan Dalam Pengembangan Memori Kosa Kata Bahasa Inggris Anak. Tesis. Yogyakarta : Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada. Wardhani, D.N. (2010). Perbedaan Kematangn Emosi Anak Yang Gemar Mendengarkan Lagu Lirik Dewasa dan Lagu Lirik Anak. Skripsi : Universitas Negeri Malang. Widhiawati, N. (2011). Pengaruh Pembelajaran Gerak dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Jurnal, Edisi Khusus No. 2, p. 220 – 228. Zukhaira. (2008). Pengenalan Bahasa Arab Melalui Nyanyian Pada Anak Usia Prasekolah di TK Islam. Laporan. Semarang: Universitas Negeri Semarang. http ://www.kamusbahasaindonesia.org/nyanyian-lagu.en_US
dc.identifier.isbn978-602-96633-1-0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1760
dc.description.abstractHampir semua orang pernah bernyanyi, begitu pula dengan anak-anak. Dunia anak adalah bermain dan bernyanyi, sehingga ketika anak-anak berada di sekolah TK kegiatan tidak lepas dari bermain dan bernyanyi dengan tujuan untuk mendidik dan mengembangkan ketrampilan anak. Nyanyian merupakan perpaduan antara lirik dan lagu. Dalam lirik terdapat susunan kata-kata yang mengandung arti/makna tertentu yang dapat digunakan untuk melakukan sugesti, persuasi dan memberikan nasehat. Berdasarkan wawancara pada beberapa guru TK diperoleh temuan bahwa para guru TK menggunakan nyanyian sebagai salah satu metode yang digunakan untuk menyampaikan pesan tertentu kepada anak didiknya selain dengan cerita/dongeng. Metode ini dianggap lebih tepat bagi anak-anak dibandingkan dengan ceramah biasa, karena terkesan gembira dan tidak membosankan. Jika nyanyian tersebut sering dinyanyikan dan didengarkan diharapkan dapat mensugesti dan mengajak anak-anak untuk memiliki karakter seperti dalam makna nyanyian tersebut. Oleh karena itu dalam rangka mendidik karakter anak maka metode nyanyian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif.en_US
dc.publisherFak Psikologi UMSen_US
dc.subjectnyanyianen_US
dc.subjectlaguen_US
dc.subjectkarakteren_US
dc.subjectanaken_US
dc.titleNYANYIAN SEBAGAI METODE PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAKen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record