PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam di Jakarta)
Abstract
Pendidikan karakter mempunyai peran penting dalam pengembangan nilai-nilai positif. Pada saat ini
kurikulum pendidikan karakter disajikan secara implisit atau termasuk dalam hidden curriculum. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami bentuk pengajaran yang diterapkan oleh guru di sekolah yang
berbasis agama Islam di Jakarta dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan penelitian diketahui
bahwa pendidikan karakter merupakan materi yang harus diajarkan, dikuasai dan diimplementasikan oleh sisswa
dalam kehidupan sehari-hari. Ada tiga karakter utama yang diajarkan secara bersamaan di sekolah berbasis
agama Islam ini, yaitu karakter motivasi (courage), kemanusiaan (humanity) dan transendensi (transcendence).
Metode yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan pendidikan karakter dengan keteladanan, permainan
peran, penataan lingkungan, pengarahan, penugasan dan pembiasaan. Permasalahan utama yang dihadapi dalam
membentuk karakter siswa yaitu ada ketidakselarasan aspek pengajaran budi pekerti yang diberikan di sekolah
tidak dipraktekkan di rumah dan lingkungan masyarakat.