Show simple item record

dc.contributor.authorHastuti, Rahmah
dc.contributor.authorTiatri, Sri
dc.date.accessioned2012-07-24T04:50:06Z
dc.date.available2012-07-24T04:50:06Z
dc.date.issued2012-04-21
dc.identifier.citationDrost, J. (2005). Dari KBK sampai MBS: Esai-esai pendidikan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. Munandar, S.C.U. (1992). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah: Penuntun bagi guru dan orang tua. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo). Departemen Pendidikan Nasional. (2011). Pendidikan Karakter di SMP. [On-line]. Diakses melalui www.depdiknas.go.id/jurnal/38/pendidikan_karakter_di_smp_pek.htm Peterson, C., Seligman, M.E.P. (2004). Character strength and virtues: A handbook and classification. Washington, DC: American Psychological Association. Santrock, J. W. (2001). Educational psychology (1st ed.). Boston: McGraw-Hill. Statt, D. A. (2003). A student’s dictionary of psychology. New York: Taylor & Francis Group.en_US
dc.identifier.isbn978-602-96633-1-0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1762
dc.description.abstractPendidikan karakter mempunyai peran penting dalam pengembangan nilai-nilai positif. Pada saat ini kurikulum pendidikan karakter disajikan secara implisit atau termasuk dalam hidden curriculum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami bentuk pengajaran yang diterapkan oleh guru di sekolah yang berbasis agama Islam di Jakarta dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa pendidikan karakter merupakan materi yang harus diajarkan, dikuasai dan diimplementasikan oleh sisswa dalam kehidupan sehari-hari. Ada tiga karakter utama yang diajarkan secara bersamaan di sekolah berbasis agama Islam ini, yaitu karakter motivasi (courage), kemanusiaan (humanity) dan transendensi (transcendence). Metode yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan pendidikan karakter dengan keteladanan, permainan peran, penataan lingkungan, pengarahan, penugasan dan pembiasaan. Permasalahan utama yang dihadapi dalam membentuk karakter siswa yaitu ada ketidakselarasan aspek pengajaran budi pekerti yang diberikan di sekolah tidak dipraktekkan di rumah dan lingkungan masyarakat.en_US
dc.publisherFak Psikologi UMSen_US
dc.subjectpendidikan karakteren_US
dc.subjectnilai positifen_US
dc.subjectsekolah berbasis agama Islamen_US
dc.subjectguruen_US
dc.titlePENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam di Jakarta)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record