• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2012
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERAN KONSEP DIRI DAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER DAYA JUANG SISWA PESANTREN

    Thumbnail
    View/Open
    C5. Mubarak-IAIN Banjarmasin (fixed).pdf (61.93Kb)
    Date
    2012-04-21
    Author
    Mubarak
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Institusi pendidikan pesantern memiliki peran sentral dalam membentuk karakter daya juang siswa. Pendidikan pesantren merupakan perpaduan sistem pendidikan modern dengan tradisional religius yang diwujudkan melalui metode pendidikan boarding school. Pesantren mencoba untuk memaknai hakikat pendidikan melalui perspektif Islam, yaitu pendidikan harus dapat berfungsi sebagai media rekonstruksi diri dan pengembangan moral terhadap Allah, diri sendiri dan alam keseluruhan. Nilai-nilai yang diajarkan di pesantren meliputi prinsip-prinsip untuk bertahan hidup dengan tetap mengedepankan nilai-nilai agama dan moral sebagai landasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran konsep diri dan keterampilan sosial terhadap pembentukan karakter daya juang siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah 60 siswa dan siswi pesantren Darul Hijrah Cindai Alus Martapura. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Skala daya juang, konsep diri dan keterampilan sosial merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan signifikan konsep diri dan keterampilan sosial dengan daya juang siswa pesantren. Konsep diri dan keterampilan sosial secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar 29.6 % terhadap daya juang. Hasil analisis korelasi parsial menunjukkan adanya hubungan positif antara konsep diri dengan daya juang, namun tidak terdapat hubungan antara keterampilan sosial dengan daya juang siswa pesantren.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1765
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV