PERAN KONSEP DIRI DAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER DAYA JUANG SISWA PESANTREN
dc.contributor.author | Mubarak | |
dc.date.accessioned | 2012-07-24T05:04:09Z | |
dc.date.available | 2012-07-24T05:04:09Z | |
dc.date.issued | 2012-04-21 | |
dc.identifier.citation | Frankl, V. E. (2004). Man’s Search for Meaning : Mencari Makna Hidup dan Hakikat Kehidupan, Makna Cinta, Makna Penderitaan (Cet. I). (Terj. Lala Hermawati Dharma; Ed. M. Ni’mal Fata). Bandung : Penerbit Nuansa. Fromm, E. (1999). Lari Dari Kebebasan. (Cet.II). (Terj. Kamdani; Ed. Ahmad Baidlowi). Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Helmi, A. F., Ramdhani, N. (1993). Konsep Diri dan Kemampuan Bergaul pada Remaja. Laporan Penelitian. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada. Kail, R. V., Nelson, R. W. (1993). Development an Education. New York : John Wiley And Sons. Lefton, L. A. (1985). Psychology (3rd edition). (Ed. Bill Barke). Massachussets: Allyn and Bacon Inc. Moreno, J. A., Cervello, E. (2005). Physical Self Perception in Spanish Adolescents: Effect of Gender and Involvent in Physical Activity. Journal of Human Movement Studies, 48, 291-311. Nurdin, M. N. H. (2007). Kebermaknaan Hidup Narapidana ditinjau dari Konsep Diri dan Kecerdasan Adversity. Tesis. (Tidak diterbitkan). Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Partosuwido, S. R. (1993). Penyesuaian Diri Mahasiswa dalam Kaitannya dengan Konsep Diri, Pusat Kendali, dan Status Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi. 20 (1), 32-47. Ramdhani, N. (1994). Pelatihan Keterampilan Sosial pada Mahasiswa yang Sulit Bergaul. Tesis. Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Ramli, S. (2008). Data Siswa DO P.P. Darul Hijrah. Laporan Tahunan Direktur Pondok Pesantren Darul Hijrah.. Rusliana, A. (2008). Agama, Pendidikan dan Tanggung Jawab Sosial Pesantren. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Siradj, S. A. (1999). Pesantren Masa Depan. Jakarta : Pustaka Hidayah. Soyomukti, N. (2008). Dari Demonstrasi Hingga Seks Bebas: Mahasiswa di Era Kapitalisme dan Hedonisme. Yogyakarta : Garasi. Tanje. (2003). Masalah Remaja dan Solusinya. Artikel. Diakses tanggal 7 Januari 2008 dari www.epsikologi. com Vogel, J. L. (1986). Thinking about Psychology. Chicago. Illinois: Nelson – Hall. Inc. Williams, M. W. (2003). The Relationship Between Principal Response to Adversity and Student Achievement. Dissertation. Cardinal Stritch University. Zubaedi. (2007). Pendidikan Berbasis Masyarakat. Upaya Menawarkan Berbagai Problem Sosial. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-602-96633-1-0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/1765 | |
dc.description.abstract | Institusi pendidikan pesantern memiliki peran sentral dalam membentuk karakter daya juang siswa. Pendidikan pesantren merupakan perpaduan sistem pendidikan modern dengan tradisional religius yang diwujudkan melalui metode pendidikan boarding school. Pesantren mencoba untuk memaknai hakikat pendidikan melalui perspektif Islam, yaitu pendidikan harus dapat berfungsi sebagai media rekonstruksi diri dan pengembangan moral terhadap Allah, diri sendiri dan alam keseluruhan. Nilai-nilai yang diajarkan di pesantren meliputi prinsip-prinsip untuk bertahan hidup dengan tetap mengedepankan nilai-nilai agama dan moral sebagai landasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran konsep diri dan keterampilan sosial terhadap pembentukan karakter daya juang siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah 60 siswa dan siswi pesantren Darul Hijrah Cindai Alus Martapura. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Skala daya juang, konsep diri dan keterampilan sosial merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan signifikan konsep diri dan keterampilan sosial dengan daya juang siswa pesantren. Konsep diri dan keterampilan sosial secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar 29.6 % terhadap daya juang. Hasil analisis korelasi parsial menunjukkan adanya hubungan positif antara konsep diri dengan daya juang, namun tidak terdapat hubungan antara keterampilan sosial dengan daya juang siswa pesantren. | en_US |
dc.publisher | Fak Psikologi UMS | en_US |
dc.subject | karakter daya juang | en_US |
dc.subject | konsep diri | en_US |
dc.subject | keterampilan sosial | en_US |
dc.subject | dan siswa pesantren | en_US |
dc.title | PERAN KONSEP DIRI DAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER DAYA JUANG SISWA PESANTREN | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Seminar Nasional Psikologi UMS 2012
Aplikasi Psikologi Islami dalam Pendidikan Karakter