Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Dengan Media Alat Peraga Matematika Bagi Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013)
Abstract
Keberhasilan pembelajaran matematika dapat diukur dari hasil belajar
siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi
pecahan melalui media alat peraga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah
PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas
VIIB SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 16
laki – laki dan 16 perempuan. Subjek pelaksana tindakan adalah peneliti, guru
matematika kelas VIIB, dan mitra peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan
melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin
validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan secara
deskrptif kualitatif, yang analisisnya menggunakan metode alur dimana meliputi
reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 2
Gatak. Hal ini dapat dilihat dari 1) nilai tes memenuhi kriteria ketuntasan
minimal (KKM) sebelum tindakan 18,75% dan setelah tindakan 81,3% 2) nilai di
atas rata – rata kelas sebelum tindakan 43,75% dan sesudah tindakan 71,88% 3)
keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan 31,25%dan setelah tindakan 53,13%
4) mengemukakan pertanyaan sebelum tindakan 21,86% dan setelah tindakan
59,38% dan 5) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 15,63% dan sesudah
tindakan 50%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media alat peraga dalam
pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa
pada materi pecahan.