• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Dengan Media Alat Peraga Matematika Bagi Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013)

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (83.12Kb)
    Date
    2013-05-15
    Author
    Zuhanisani, Virlina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberhasilan pembelajaran matematika dapat diukur dari hasil belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan melalui media alat peraga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 16 laki – laki dan 16 perempuan. Subjek pelaksana tindakan adalah peneliti, guru matematika kelas VIIB, dan mitra peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskrptif kualitatif, yang analisisnya menggunakan metode alur dimana meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Gatak. Hal ini dapat dilihat dari 1) nilai tes memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebelum tindakan 18,75% dan setelah tindakan 81,3% 2) nilai di atas rata – rata kelas sebelum tindakan 43,75% dan sesudah tindakan 71,88% 3) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan 31,25%dan setelah tindakan 53,13% 4) mengemukakan pertanyaan sebelum tindakan 21,86% dan setelah tindakan 59,38% dan 5) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 15,63% dan sesudah tindakan 50%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3228
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV