dc.contributor.author | Zuhanisani, Virlina | |
dc.date.accessioned | 2013-07-04T22:43:25Z | |
dc.date.available | 2013-07-04T22:43:25Z | |
dc.date.issued | 2013-05-15 | |
dc.identifier.citation | Anggraeni, Erma Dwi.2011. “Peningkatan Pemahaman Konsep dan Hasl Belajar Operas Dasar Bilangan Bulat Mealalui Strategi Pembelajaran Every One Is A Teacher Here Alat Peraga Mistar Hitung Bagi Siswa Kelas VII Semester I Smp Bhakti Praja Mayong Jepara Tahun Ajaran 2010/2011“. Skripsi. Surakarta: UMS(Tidak Dipublikasikan). Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. Fitriansyah. 2010. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 3 Belawanng Melalui Strategi Pembelajaran Quick On The Draw. Jurnal Pendidikan Matematika.(http://jurnal.pdii.lipi.go.id/index.php/Search.html). Diakses pada 1 September 2012. Kusumah, Wijaya dan Dwitagama, Dedi. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks. Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Mussofiany, Ulan. 2012. Masalah Pendidikandi Indonesia. http :// mussofiany. blogspot.com/2012/05/masalah-pendidikan-diindonesia.html. Diakses pada 4 Desember 2012. Subadi, Tjipto. 2010. Lesson Studi Berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas): Suatu Model Pembinaan menuju Guru Profesional. Surakarta: Badan Penerbit FKIP UMS. Sugiyono. 2011. Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Kec. Trincing ,Secang , Jateng : Makalah disampaikan pada pelatihan Materi matematika KKG MI Kec. Trincing ,Secang , Jateng tgl:20 Juli 2011. . 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Suhardjono. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Sutama. 2010. Penelitian Tindakan. Semarang: C.V Citra Mandiri Utama. . 2011. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kuantitatif,PTK, R & D. Surakarta:Fairus Media. Sumiati. 2009. Penggunaan Alat Peraga Tiga Dimensi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Geometri Bangun Ruang (Penelitian Tidakan Kelas yang dilakukan pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Nagrikaler Purwakarta Tahun Ajaran 2006/2007). Jurnal Universitas Pendidikan Matematika. Vol. 4, No. 1. Diakses pada 5 Oktober 2012. Trimanta, dkk. 2011. Rekapitulasi Hasil belajar Semester 1 Tahun Pelajaran 2011/ 2112. SMP Negeri 2 Gatak. | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-602-17617-2-4 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/3228 | |
dc.description.abstract | Keberhasilan pembelajaran matematika dapat diukur dari hasil belajar
siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi
pecahan melalui media alat peraga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah
PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas
VIIB SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 16
laki – laki dan 16 perempuan. Subjek pelaksana tindakan adalah peneliti, guru
matematika kelas VIIB, dan mitra peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan
melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin
validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan secara
deskrptif kualitatif, yang analisisnya menggunakan metode alur dimana meliputi
reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 2
Gatak. Hal ini dapat dilihat dari 1) nilai tes memenuhi kriteria ketuntasan
minimal (KKM) sebelum tindakan 18,75% dan setelah tindakan 81,3% 2) nilai di
atas rata – rata kelas sebelum tindakan 43,75% dan sesudah tindakan 71,88% 3)
keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan 31,25%dan setelah tindakan 53,13%
4) mengemukakan pertanyaan sebelum tindakan 21,86% dan setelah tindakan
59,38% dan 5) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 15,63% dan sesudah
tindakan 50%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media alat peraga dalam
pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa
pada materi pecahan. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | hasil belajar | en_US |
dc.subject | media alat peraga | en_US |
dc.title | Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Dengan Media Alat Peraga Matematika Bagi Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013) | en_US |
dc.type | Article | en_US |